Kompas.com - 16/11/2012, 16:47 WIB
|
EditorErlangga Djumena

TOKYO, KOMPAS.com — Sony baru saja menawarkan konversi obligasi (convertible bond) setelah hampir sekitar 10 tahun absen. Namun, naasnya, pasca-penawaran tersebut, saham Sony malah anjlok di level terendahnya selama 32 tahun terakhir.

Seperti dikutip Bloomberg, saham Sony sempat turun 11 persen menjadi 772 yen Jepang per saham sebelum  naik kembali menjadi 791 yen pada perdagangan Kamis (15/11/2012).

Dengan kemerosotan nilai saham tersebut, maka juga menurunkan nilai valuasi perusahaan yang anjlok 44 persen (ytd) menjadi 9,7 miliar dollar AS. Padahal valuasi perusahaan Sony pada tahun 2000 lalu masih 120 miliar dollar AS.

Pembuat TV Bravia ini menawarkan konversi obligasi senilai 150 miliar yen dengan kupon 0 persen bertenor 5 tahun. Harga yang ditawarkan adalah 957 yen per saham atau lebih tinggi 10 persen daripada harga saham Sony di penutupan bursa Tokyo kemarin. Dana dari hasil konversi obligasi ini untuk mendanai akuisisi dan memperluas pencitraan fasilitas sensor.

"Ada risiko dilusi ekuitas dari jumlah obligasi yang ditawarkan dibandingkan dengan kapitalisasi pasar Sony," kata Hideki Yasuda, analis di Ace Securities Co di Tokyo.

Hideki menambahkan, jika investor mempertimbangkan potensi saham naik, pemegang saham malah berpikir kemungkinan sahamnya naik itu adalah sesuatu yang tidak pasti. Ini yang menjadi penyebab di balik penurunan harga saham Sony selama ini.

Sony melakukan konversi obligasi pertama kali pada tahun 2003. Saat itu Sony masih berjaya dengan pemutar musik Walkman yang menggerus penjualan pasar televisi di masa tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Chief Executive Officer Sony Kazuo Hirai di tengah kemerosotan bisnis Sony pada tahun lalu lantas melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap sekitar 10.000 karyawannya dan menjual aset-aset bisnisnya. Saat ini, Sony hanya fokus pada perangkat mobil, gim, dan digital imaging untuk bisa bersaing melawan Apple dan Samsung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.