Kompas.com - 09/12/2012, 12:02 WIB
|
EditorHeru Margianto

BOGOR, KOMPAS.com - Sebelum menjadi pejabat negara, Menteri BUMN Dahlan Iskan adalah seorang wartawan. Ini meniti karir jurnalistik dari bawah hingga akhirnya mendirikan kerajaan bisnis media Jawa Pos Grup. Kepada sejumlah wartawan yang mengikuti acara "BUMN Bersama Media", di Cisarua, Jawa Barat, Minggu (12/9/2012), Dahlan berbagi pengalaman.

Dahlam memberi kuliah jurnalistik selama 1,5 jam kepada para awak media. "Saya ingin memberikan ilmu kepada kalian," katanya.

Menurut Dahlan, menjadi seorang wartawan itu tidak mudah. Dibutuhkan kejelian khusus untuk bisa mewartakan apa yang sedang terjadi di sekitarnya dan bisa memberikan manfaat kepada masyarakat. Selama ini, wartawan memang menjadi ujung tombak bagi perusahaan media untuk bisa memberikan informasi aktual dan akurat.

Dahlan juga memberikan tips mengenai bagaimana mendapatkan informasi yang memiliki nilai berita. "Seorang wartawan itu tidak boleh menulis berita sampah. Tapi harus memiliki news value sehingga bisa dinikmati oleh masyarakat," tambahnya.

Menurut Dahlan, seorang wartawan yang bagus itu adalah seorang pekerja yang mampu memperoleh berita bagus, eksklusif, bisa menembus narasumber dan bisa menulis secara cepat namun tetap akurat. "Itu tantangannya," katanya.

Dahlan memberikan pelatihan sekitar 1,5 jam tentang teori jurnalistik umum namun disesuaikan dengan kondisi terkini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.