Kompas.com - 12/12/2012, 07:18 WIB
EditorErlangga Djumena

NEW YORK, KOMPAS.com - Bursa saham Wall Street berakhir di zona hijau pada Selasa (11/12/2012) waktu setempat (Rabu pagi WIB), karena kenaikan Apple, Google dan Intel mengangkat saham teknologi Nasdaq.

Wall Street juga dibantu oleh keuntungan di pasar Eropa didukung lonjakan pada sentimen investor Jerman ke level tertinggi tujuh bulan, dan keberhasilan lelang surat utang Spanyol yang memperlihatkan biaya pinjamannya turun tajam.
    
Indeks Dow Jones Industrial Average naik 78,56 poin (0,60 persen) menjadi 13.248,44, mencetak keuntungan untuk kelima hari berturut-turut.

Indeks S&P 500 bertambah 9,29 poin (0,65 persen) pada 1.427,84, sementara indeks komposit teknologi Nasdaq melompat 35,34 poin (1,18 persen) menjadi 3.022,30.

"Pasar secara keseluruhan mengesankan," kata Joe Bell dari Schaeffer Investment Research. "Pasar Eropa diperdagangkan lebih tinggi menjelang pembukaan pasar kami, yang membantu memberikan sedikit dorongan awal."

Reli juga terjadi karena Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) Federal Reserve membuka pertemuan kebijakan terakhir untuk tahun ini, dengan harapan bahwa bank sentral akan memutuskan untuk memperluas operasi pembelian obligasi guna menggantikan berakhirnya program swap obligasi "Operation Twist".

"Diharapkan secara luas bahwa FOMC akan mengumumkan rencana baru untuk membeli sekuritas jangka panjang setelah berakhirnya Operation Twist. Perbedaan utama adalah bahwa pembelian baru (dibandingkan dengan Operation Twist) akan menjadi tidak steril. Itu adalah, rencana baru yang akan membawa julukan ’QE4’," kata Patrick O’Hare dari Briefing.com.

FOMC akan mengumumkan keputusan suku bunganya pada Rabu pukul 17.30 GMT (Kamis pukul 00.30 WIB).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Apple, perusahaan terbesar berdasarkan nilai pasar, naik 2,2 persen, Google menguat 1,7 persen dan Intel melonjak 2,8 persen.

Situs internet biro perjalanan TripAdvisor melambung 6,6 persen setelah taipan media John Malone melalui Liberty Interactive membayar 300 juta dolar AS untuk saham pengendali, mengangkat saham perusahaan biro perjalanan online. Expedia naik hampir empat persen dan Orbitz Worldwide naik 3,0 persen. Tetapi  raksasa penjual tiket Priceline jatuh 0,4 persen.

Delta Air Lines bertambah 5,1 persen setelah mengumumkan pembelian 49 persen saham Richard Branson di Virgin Atlantic dari Singapore Airlines senilai 360 juta dolar AS. Branson dan Virgin Atlantic-nya akan terus memegang 51 persen saham pengendali.

Perusahaan asuransi AIG naik 5,7 persen menjadi 35,26 dolar AS setelah Departemen Keuangan AS mengumumkan keberhasilan penjualan 234 juta saham terakhirnya dengan rata-rata 32,50 dolar AS per saham.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.