Kompas.com - 24/12/2012, 10:33 WIB
|
EditorRusdi Amral

JAKARTA, KOMPAS.com — Pasar tembakau di Eropa, khususnya di Jerman, tetap stabil bahkan cenderung terus meningkat. Krisis ekonomi dan utang di Eropa juga tidak banyak berpengaruh terhadap konsumsi tembakau.

Demikian diungkapkan Atase Perdagangan KBRI Berlin, Nusa Eka, saat mendampingi Duta Besar RI untuk Berlin, Eddy Pratomo, dalam kunjungan kerja ke perusahaan tembakau Hellmering, Köhne & Co, yang berpusat di Bremen, Jerman, seperti tertuang dalam siaran pers, Senin (24/12/2012).

Sementara itu, Direktur Utama Hellmering, Köhne & Co, Wolfgang Köhne, mengakui, kualitas tembakau asal Deli, Sumatera Utara, merupakan yang terbaik di dunia. "Walaupun banyak daerah lain, baik di Indonesia maupun internasional, yang menghasilkan tembakau dengan jumlah lebih banyak daripada Deli; kualitas tembakau asal Deli adalah yang teratas," ujarnya.

Köhne juga menjelaskan bahwa perpaduan antara benih, jenis tanah, dan iklim di daerah Deli paling cocok untuk tanaman tembakau. Tembakau Deli, yang harganya dapat mencapai 150 euro per kilogram, sudah dikenal lebih dari 120 tahun oleh bangsa Jerman.

Bukti-bukti sejarah tembakau Deli dan peran bangsa Jerman dalam memopulerkan tembakau Deli ke dunia sudah tercatat pada abad ke-19. Pada kesempatan yang sama, Dubes RI Berlin menekankan bahwa kerja sama perdagangan tembakau dan persahabatan antara Indonesia dan Jerman yang telah terjalin selama lebih dari lima dasawarsa perlu terus dibina agar tidak putus dan terabaikan.

Perusahaan Hellmering, Köhne & Co telah melakukan kegiatan usaha di Indonesia sejak tahun 1959. Perusahan milik keluarga yang turun-temurun ini merupakan partner tepercaya Indonesia dalam memasarkan tembakau asal Sumatera di Jerman dan negara lain di Eropa.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.