Kompas.com - 31/12/2012, 10:35 WIB
EditorMarcus Suprihadi

Oleh Abun Sanda

KOMPAS.com- Dinilai sukes mengurus PT Bakrie Sumatera Plantations Tbk, Ambono Janurianto (52) dipercaya sebagai Chief Executive Officer (CEO) PT Bakrieland Development Tbk. Tugasnya tidak ringan. Ia harus mengemudikan Bakrieland dengan prima, sehingga kelak menjadi perusahaan yang sangat terpandang. Selama ini, Bakrieland sudah berkilau, tetapi kilapnya belum seterang kilap sejumlah perusahaan properti lain.

Ambono dipandang tepat menggerakkan Bakrieland, salah satu perusahaan besar properti Tanah Air dengan aset amat bernilai. Disebut demikian karena aset dalam bentuk tanah masih amat luas. Salah satu proyek Bakrieland yang membuat pesaingnya silau adalah Sentul Nirwana dengan luas 16.000 hektar, atau seperempat luas wilayah DKI Jakarta (64.457,19 hektar)! Kalau Ambono mampu membuat perusahaan raksasa ini bergerak lincah, Bakrieland akan menjadi perusahaan yang sangat dipandang publik.

Tugas lain Ambono adalah bagaimana meluncurkan produk yang tidak saja menjadi fenomenal, tetapi pembawa genre baru di bidang properti, memberi spirit, dan warna baru yang dominan dalam belantara properti nasional.

Berikut petikan wawancara dengan Ambono Janurianto di Jakarta, Jumat (28/12/2012) malam.

Apa yang pertama-tama hendak Anda lakukan pada tahun 2013?

Kami hendak fokus atau konsentrasi sepenuhnya di properti. Sebelumnya, kami juga konsentrasi ke properti, tetapi sebagian konsentrasi itu diberikan pada proyek lain dalam lingkup Bakrieland, di antaranya investasi di jalan tol. Kini, proyek jalan tol dilepas agar kami lebih fokus. Wong tanah kami masih amat luas. Sentul Nirwana, misalnya, mencapai 16.000 hektar. Bandingkan dengan proyek Bumi Serpong Damai (BSD) yang mencapai 6.000 hektar dan sampai sekarang belum selesai dikerjakan, padahal sudah berkembang cepat dalam lebih 20 tahun ini. Mengacu pada proyek di BSD, proyek di Sentul baru bisa selesai (mungkin) dalam beberapa generasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dari banyak proyek properti, kami memusatkan perhatian pada sejumlah proyek strategis. Misalnya, kami hendak memberi sentuhan pada Sentul Nirwana, Bali Nirwana, dan persiapan proyek di Sidoarjo.

Proyek Sidoarjo bakal sangat besar karena kota ini sendiri akan sangat strategis karena menjadi kota satelit Surabaya. Selain tiga proyek ini, Bakrieland masih mempunyai proyek besar Epicentrum di Jalan HR Rasuna Said, Awana Jogjakarta, Bogor Nirwana, dan sebuah area yang bekerja sama dengan Perumnas. Beberapa proyek kecil menyebar di beberapa tempat, di antaranya di Ijen, Malang, dan di Batam.

Intinya, saya hendak menyatakan, tahun depan kami tidak sekadar melakukan konsentrasi pada properti, tetapi memberi sentuhan baru pada pengembangannya, profilnya, rencana induknya, klasifikasinya, dan segmentasi pasarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.