Kompas.com - 19/02/2013, 14:09 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Dyandra Media International Tbk, salah satu anak usaha Kompas Gramedia Group, akan segera merampungkan pembangunan convention hall terbesar di Indonesia. Tempat ini akan dapat menjadi ajang tempat diselenggarakannya event terbesar di Indonesia.

Direktur Operasional Dyandra Media Danny Budiharto menjelaskan, pembangunan convention hall yang disebut Indonesia International Expo ini sudah empat bulan dibangun di kawasan BSD City Tangerang Selatan.

"Targetnya akan selesai pada Juni 2014 mendatang," kata Danny saat konferensi pers di Jakarta Convention Center, Selasa (19/2/2013).

Danny menegaskan, proyek terbesar ini akan memakan dana investasi sebesar Rp 2,1 triliun. Dana ini merupakan dana investasi terbesar yang dilakukan Dyandra Media. Proyek ini didanai dari hasil IPO, kas sendiri, maupun perbankan. Fasilitas konvensi ini akan memiliki luas bangunan mencapai 150.000 meter persegi. Kawasan ini didukung kemudahan akses melalui Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR) dan mengusung tema green building yang memenuhi standar internasional.

Danny menerangkan, pembangunan sarana ini dilatarbelakangi semakin banyaknya variasi event dan pameran yang diadakan di Indonesia setiap tahunnya. Sedangkan venue yang memenuhi standar internasional hanya sedikit jumlahnya.

"Pameran bertaraf internasional membutuhkan convention and exhibition hall dengan standar lebih lengkap dan memenuhi aspek pendukung, seperti lokasi, kapasitas, spesifikasi, dan fasilitas," tambahnya.

Selain Indonesia International Expo, Dyandra juga akan merampungkan gedung konvensi di Nusa Dua Bali dengan luas 10.000 meter persegi. "Pembangunan konvensi ini akan selesai pada Juni-Juli mendatang. Ini untuk persiapan APEC di tahun ini," tambahnya.

Untuk membangun tempat konvensi ini, perseroan merogoh kocek sebesar Rp 500 miliar-Rp 600 miliar yang diambilkan dari kas pribadi dan perbankan.

Satu lagi, Dyandra juga akan merampungkan pembangunan Makassar International Convention Center di kawasan Tanjung Bunga Makassar. Karena luasnya lebih kecil, yaitu sekitar 5.000 meter persegi, maka dana operasionalnya pun lebih kecil, yaitu Rp 300 miliar.

"Yang di Makassar murni oleh Kompas Gramedia. Tidak menggandeng pihak lain," tambahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.