Kompas.com - 19/02/2013, 14:55 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com -  Perseteruan Nat Rothschild dengan Keluarga Bakrie di Bumi Plc semakin panas. Kedua belah pihak memperkuat posisi masing-masing.

Grup Bakrie baru saja mendapat dukungan dari Hary Tanoesoedibjo, pemilik Grup MNC. Hary masuk ke perusahaan ini dengan membeli 3 juta saham milik Recapital.

Sementara Nat pun sudah sejak beberapa waktu lau dikabarkan menggaet adik kandung Prabowo Subianto, Hashim Djojohadikusumo, untuk masuk ke Bumi Plc. Hashim adalah pendiri Grup Arsari.

Kepada Financial Times, Hashim Djojohadikusumo menuturkan awal mula perkongsiannya dengan Nat Rothschild. Semua itu berawal di Belvedere restoran, Holland Park, London.

Hashim bertemu Nat pertama kali di restoran Prancis itu pada September 2012. Ia dikenalkan oleh teman mereka berdua, Robert Friedland, seorang taipan minyak Amerika.

Sebulan kemudian, Hashim setuju ikut bergabung dalam perahu Rothschild untuk mengambil alih Bumi Plc.

Ketika itu, perseteruan Rothschild dengan Bakrie sudah semakin mencuat ke permukaan. Hubungan baik keduanya ketika membentuk Bumi Plc di 2010 retak. Harga saham Bumi Plc terus menggelinding turun akibat tudingan buruknya manajemen dan manipulasi keuangan Bumi Resources. FT bahkan menulis bahwa sengketa Bumi Plc telah menjadi salah satu pertarungan pemegang saham paling kotor yang pernah disaksikan London.

Hashim tentunya paham. "Dia sangat marah atas perlakuan yang telah diterimanya dan dia ingin meyakinkan saya. Nat punya banyak investasi emosional di sini. Tapi saya tidak. Saya hanya bersenang-senang. Dan harapannya, saya bisa menghasilkan uang juga," tutur Hashim dalam wawancara pertamanya sejak digandeng Rothschild.

Tanggal 21 Februari nanti akan menjadi penentu bagi Rothschild dan juga Hashim. Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa Bumi Plc itu bakal menentukan apakah proposal Rothschild untuk mengganti 12 dari 14 direksi terkabul atau tidak.

Jika berhasil, Hashim akan menjadi direktur non eksekutif Bumi dan Chairman Berau Coal.

Halaman:
Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.