Kompas.com - 23/02/2013, 15:50 WIB
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Ketua Komisi XI DPR Harry Azhar Aziz kaget dengan pilihan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang mengirimkan calon tunggal gubernur Bank Indonesia 2013-2017. Ketua DPR Marzuki Alie mengonfirmasi bahwa Presiden mengusulkan satu calon gubernur BI, yaitu Agus Martowardojo yang kini menjabat Menteri Keuangan.

Sebelumnya, saat uji kelayakan dan kepatutan Gubernur BI tahun 2008, Agus juga pernah diusulkan Presiden dan menjalani seleksi oleh Komisi XI. Saat itu, Presiden juga mengajukan calon lain, Raden Pardede. Namun, keduanya ditolak DPR. 

"Secara undang-undang, Presiden memang boleh mencalonkan kembali calon yang pernah dulu ditolak DPR. Itu waktu 2008. Saat itu, Agus dan Raden dicalonkan, tapi kami menolaknya," kata Harry kepada Kompas.com di Jakarta, Sabtu (23/2/2013).

Terkait kembali diajukannya Agus sebagai calon gubernur BI, menurut Harry, ada dua penafsiran terhadap ketentuan Undang-Undang Bank Indonesia (BI). Pertama, calon yang dulu pernah diajukan bisa diajukan lagi meski DPR dulu pernah menolaknya. Kedua, DPR menafsirkan lain, yaitu DPR tidak akan menerima calon gubernur BI yang dulu pernah ditolaknya.

"Mungkin Presiden lupa terhadap penafsiran yang kedua. Kalau yang dipakai adalah opsi kedua, Agus sudah tidak bisa lagi dicalonkan jadi gubernur BI seumur hidup," ujarnya. 

Harry menambahkan, jika Agus kembali ditolak sebagai calon gubernur BI oleh DPR akan mengurangi kredibilitasnya sebagai Menteri Keuangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.