Kompas.com - 26/02/2013, 15:16 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Angkasa Pura II menetapkan konsorsium PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) sebagai pemenang tender pembangunan perluasan Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta di Cengkareng. Nilai kontraknya mencapai Rp 4,7 triliun.

Konsorsium yang bernama Kawahapejaya Indonesia ini terdiri dari PT Wijaya Karya Tbk (WIKA), PT Waskita Karya Tbk, PT Hyundai Engineering Co LTD, PT Pembangunan Perumahan Tbk (PTPP), PT Jaya Teknik Indonesia, dan PT Indulexco. Penetapan pemenang tender ini berdasarkan evaluasi administrasi, teknis, harga, kualifikasi, dan verifikasi yang telah dilakukan oleh PT Angkasa Pura II.

Corporate Secretary Wijaya Karya Natal Argawan menjelaskan, WIKA dalam konsorsium ini bertindak sebagai lead consortium yang telah ditunjuk oleh PT Angkasa Pura II sebagai pemenang pada 20 Februari 2013.

"Kami memiliki porsi 37 persen dalam konsorsium ini dari total nilai proyek atau sekitar Rp 1,7 triliun," kata Natal dalam siaran keterbukaan di Bursa Efek Indonesia, di Jakarta, Selasa (26/2/2013).

Rencananya proyek ini akan berlangsung selama 850 hari terhitung sejak ditetapkan dalam penandatanganan perjanjian kontrak. Sementara lingkup pekerjaan konsorsium meliputi detail engineering design (DED) dan pelaksanaan konstruksi (design-build) pada mainbuilding terminal, jalan, dan lahan parkir.

Tahun ini, Wijaya Karya menargetkan dapat mendapat kontrak sebesar Rp 38,87 triliun, naik 21,15 persen dibandingkan pencapaian pada 2012. Perolehan kontrak ini termasuk kontrak carry over dari 2012 sebesar Rp 18,12 triliun.

"Sedangkan komposisi perolehan kontrak masih didominasi induk perusahaan sekitar 70 persen dan sisanya anak perusahaan 30 persen," katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tahun 2013, Wijaya Karya menargetkan dapat meraih laba kotor sebesar Rp 1,51 triliun, naik 26,23 persen dibandingkan pencapaian 2012 sebesar Rp 1,19 triliun. Adapun laba bersih diproyeksikan Rp 555,06 miliar, naik 28,88 persen dari pencapaian 2012 sebesar Rp 430,68 miliar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.