Kompas.com - 04/03/2013, 15:34 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Elnusa Tbk (ELSA) membukukan laba bersih sebesar Rp 128 miliar sepanjang 2012. Perolehan tersebut membaik seiring rugi bersih yang dialami perseroan pada 2011 sebesar Rp 43 miliar.

Sri Purwanto, Head of Corporate Communications Elnusa, mengatakan peningkatan laba bersih tersebut dipicu oleh kinerja operasional dan berbagai langkah perbaikan yang dilakukan manajemen serta seluruh karyawan Elnusa.

“Kami yakin dengan turn around program yang telah dilakukan, kami dapat menjaga stabilitas kinerja yang positif ini ke depan”, ujar Sri, Senin (4/3/2013).

Pada 2012, kinerja Elnusa antara lain fokus pada peningkatkan laba perseroan. Oleh karena itu, meski peningkatan pendapatan hanya sebesar 1 persen, tetapi hal ini mampu mendongkrak laba yang sangat signifikan.

Perbaikan struktur biaya, customer selection, dan project management yang ketat mampu menurunkan porsi beban pokok penjualan terhadap pendapatan usaha, dari sebelumnya berada di level 94 persen menjadi 88 persen pada tahun ini.

Hal ini berdampak signifikan dalam lonjakan marjin laba kotor dari sebelumnya berada pada level 6 persen menjadi 12 persen, marjin laba usaha dari sebelumnya negatif 0,5 persen menjadi positif 5 persen, dan marjin laba bersih yang naik dari sebelumnya negatif 1 persen menjadi positif 3 persen.

Dalam rangka kesinambungan kinerja yang telah positif dan tumbuh tinggi ini, serta menjawab tantangan bisnis ke depan, pada akhir tahun 2012 lalu, Elnusa juga telah menyatakan pengembangan bisnisnya dari semula hanya di jasa hulu migas menjadi jasa energi.

"Peningkatan kompetensi sumber daya manusia juga menjadi prioritas utama manajeman Elnusa," ungkap Sri. (Adiatmaputra Fajar Pratama)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.