Kompas.com - 05/03/2013, 19:31 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

SURABAYA, KOMPAS.com - Perusahaan semen milik negara, PT Semen Indonesia menerima 178 proposal berisi konsep inovasi dalam upaya efisiensi perusahaan senilai Rp 639 miliar. Proposal tersebut diperoleh dari kalangan pegawai dalam sebuah tim, baik itu di lingkungan Semen Indonesia, Semen Gresik, Semen Tonasa maupun Semen Padang.

Menurut Kepala Departemen Litbang, dan Jaminan Mutu Semen Indonesia, Rudi Hermawan, proposal tersebut terdiri dari lima kategori. Yakni kategori bahan baku dan produk, teknologi dan proses produksi tambang-Raw Mill, teknologi dan proses produksi Kiln-Finish Mill, manajemen, serta kategori anak perusahaan dan afiliasi.

"Semua konsep inovasi itu dianggap sukses apabila nilai yang diciptakan lebih besar dari biaya yang dikeluarkan untuk pengembangannya," kata Rudi, Selasa (5/3/2013).

Dewan juri selanjutnya akan melakukan verifikasi hingga ditemukan sejumlah nominator di masing-masing kategori. Selanjutnya, mereka akan mendapatkan bimbingan pengembangan materi inovasi dari berbagai aspek seperti teknis, analisa fungsi dan nilai, hingga manajemen risiko.

Adu konsep inovasi kali ini adalah kali ketiga yang digelar perusahaan itu sejak tahun 2010 dalam Semen Indonesia Award On Innovation (SIAI). Tahun lalu, hanya 125 proposal yang diterima dewan juri. Sekarang meningkat menjadi 178 proposal.

Nilai efisiensinya juga meningkat dari Rp 593 miliar pada tahun lalu, menjadi Rp 639 tahun ini. "Ini menunjukkan respon pegawai sangat antusias dalam menyuburkan budaya inovasi dan efisiensi di perusahaan kami," ujar Rudi.

Dia menyadari, inovasi adalah pilar penting bagi pengembangan bisnis di era yang kompetitif. Dengan inovasi, Semen Indonesia manjadi pemimpin pasar di industri semen nasional. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.