Kompas.com - 13/03/2013, 07:52 WIB
|
EditorNasru Alam Aziz

JAKARTA, KOMPAS.com -- Panen raya di Brasil membuat pasokan kedelai di pasar internasional melimpah. Akibatnya harga kedelai pun melandai. Pada penutupan perdagangan Rabu (13/3/2012) dinihari, harga kedelai berjangka ditutup melemah.

Harga kedelai Mei turun 0,7 persen menjadi 14,6875 dollar AS per bushel di CBOT, harga terendah sejak 22 Februari. Support 14,598 dollar AS dan resistant 15,27 dollar AS per bushel.

Panen di Brasil dilaporkan sudah mencapai 48 persen per tanggal 8 Maret. Brasil bisa mengambil alih Amerika Seeikat sebagai eksportir terbesar kedelai dengan produksi 83, 5 juta metrik ton. Ekspor AS turun 58 persen menjadi 17 juta bushel. Penurunan itu merupakan peluang bagi Brasil untuk mengisi pasar yang selama ini dipenuhi oleh AS.

Di dalam negeri sampai saat ini pemerintah belum juga memutuskan harga pembelian pemerintah (HPP) kedelai. Padahal desakan dari petani dan perajin tahu-tempe sudah cukup kuat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.