Kompas.com - 13/03/2013, 11:00 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com -  Hary Tanoesoedibjo menyatakan proses penjualan PT Bakrie Toll Road (BTR) oleh PT Bakrieland Development Tbk (ELTY) kepada Grup MNC sudah kelar di akhir tahun lalu. ELTY juga sudah menerima pembayaran dari MNC.

Itulah pernyataan Hary Tanoesoedibjo selaku CEO Grup MNC melalui pesan singkat kepada KONTAN, Selasa (12/3/2013). "Sudah selesai," tulis Hary.

Ia menambahkan, divestasi BTR rampung pada Desember 2012 dan pihak ELTY sudah menerima dananya. Dengan begitu, transaksi tersebut sudah sesuai dengan target yang ditetapkan ELTY pada tahun lalu.

Pada awal Desember 2012, Presiden Direktur ELTY Ambono Janurianto membenarkan bahwa Hary Tanoe akan mengambilalih BTR. Namun saat itu, Ambono bilang, transaksi belum selesai meski keduanya sudah sepakat.

"Masih ada syarat-syarat yang harus dipenuhi seperti concern dari kreditur sindikasi BRI. Idealnya transaksi bisa selesai tahun 2012 agar utang dari jalan tol tidak terbawa ke tahun depan," terang Ambono pada saat itu.

Masih pada tahun lalu, Ambono menjelaskan, nilai penjualan BTR melebihi Rp 2 triliun. Ambono yakin pelepasan BTR akan menguntungkan bagi ELTY, karena beban menjadi lebih ringan.

Namun beberapa hari lalu, manajemen ELTY terpaksa menunggak sebagian pokok dan bunga obligasi senilai Rp 280 miliar, yang jatuh tempo pada 11 Maret 2013. Anehnya, manajemen ELTY beralasan, penunggakan pembayaran surat utang yang diterbitkan pada 2008 tersebut karena proses divestasi aset tol belum tuntas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tapi tepat di hari jatuh tempo obligasi. Chief Corporate Affairs ELTY Yudy Rizard Hakim mengatakan ELTY telah membayar pokok dan bunga obligasi senilai Rp 280 miliar plus bunga obligasi terakhir sebesar Rp 8,995 miliar.

"Pembayaran dilakukan tepat pada saat jatuh tempo melalui rekening PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI)," papar Yudy. (Issa Almawadi/Kontan)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.