Kompas.com - 18/03/2013, 21:57 WIB
|
EditorNasru Alam Aziz

TANGERANG, KOMPAS.com — Perluasan untuk pengembangan terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang, Banten, menelan biaya sebesar Rp 4,7 triliun. Pembiayaan itu menjadi tanggung jawab dari konsorsium Kawahapejaya Indonesia KSO, gabungan dari 10 perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi.

"Dalam hal pendanaan, tidak mungkin kami membiayai sendiri. Pasti akan melibatkan pihak ketiga atau bank. Namun, kami tidak menyerahkan sepenuhnya kepada bank, nanti perusahaan ini dinilai tidak punya modal. Makanya, pendanaannya 30:70 persen," kata Direktur Utama PT Wijaya Karya, Bintang Perbowo, seusai penandatanganan Perjanjian Perkerjaan Perluasan Terminal 3 (T3 Ultimate) di Gedung 600 Kantor Pusat Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, Senin (18/3/2013).

Seperti diberitakan, PT Angkasa Pura II akan memperluas terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta dari 34.000 meter persegi menjadi 354.000 meter persegi untuk bangunan terminal. Selain itu ditambah perluasan 88.000 meter persegi lahan parkir dan VIP seluas 7.000 meter persegi. Perluasan itu diharapkan akan meningkatkan kapasitas daya tampung dari 4 juta penumpang per tahun menjadi 25 juta per tahun.

Menurut Direktur Utama PT Angkasa Pura II Tri S Sunoko, pengembangan terminal 3 akan dikerjakan selama 850 hari. Pekerjaan itu dibagi dalam 3 tahap, tahap pertama dioperasikan September 2014 sehingga dapat menambah kapasitas sebanyak delapan juta penumpang per tahun.

Pada tahap kedua, ditargetkan beroperasi pada Januari 2015 dan mampu menambah kapasitas daya tampung menjadi 21 juta penumpang per tahun. Sementara itu untuk tahap III diharapkan dioperasikan pada Juli 2015 dan mampu menambah kapasitas daya tampung menjadi 25 juta penumpang per tahun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.