Kompas.com - 08/04/2013, 14:24 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi memerkirakan April ini akan terjadi deflasi. Hal ini disebabkan sejumlah komoditas utama akan mengalami panen raya pada bulan ini.

"Mudah-mudahan April ini kita bisa deflasi karena sudah panen," kata Bayu saat ditemui di acara Musyawaran Nasional Apindo ke-9 di Hotel JS Luwansa Jakarta, Senin (8/4/2013).

Bayu mengaku inflasi Maret 2013 yang sebesar 0,63 persen dikontribusikan oleh komoditas utama yaitu bawang putih, bawang merah dan cabai. Tiga komoditas utama tersebut sempat melonjak harganya karena pasokan yang kurang di pasar.

Namun di bulan ini, petani kebanyakan akan melakukan panen raya, khususnya di tiga komoditas utama tersebut. Sebab, tingginya harga tiga komoditas utama ini disebabkan karena kegagalan panen khususnya di bulan-bulan akhir 2012. Apalagi sejumlah lahan pertanian terkena curah hujan yang cukup tinggi sehingga gagal panen.

"November lalu terjadi hujan deras, makanya petani harus tanam ulang di Januari. Biasanya di Maret-April ini mereka sudah panen. Sehingga kemungkinan terjadi deflasi," tambahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.