Kompas.com - 09/04/2013, 12:00 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan Gita Wirjawan meminta maaf terkait harga bawang merah dan bawang putih yang sempat melonjak. Saat ini, harga bawang sudah turun.

"Harga bawang putih dan bawang merah naik cukup drastis hingga 500 persen, khususnya bawang putih. Saya atas nama pemerintah minta maaf khususnya ibu-ibu," kata Gita saat Diskusi Panel di Musyawarah Nasional ke-9 Apindo di Hotel JS Luwansa Jakarta, Selasa (9/4/2013).

Namun Gita mengaku saat ini harga bawang putih sudah menurun hingga 77 persen. Pemerintah juga berjanji bahwa ke depan pihaknya akan menjaga stabilitas harga khususnya komoditas utama yang diperlukan masyarakat.

Terkait bawang putih ini, Gita juga menyatakan bahwa kontribusi kenaikan harga bawang putih yang meroket tersebut menyebabkan inflasinya sebesar 0,41 persen dari total inflasi Maret 2013 sebesar 0,63 persen atau mencapai 65 persen dari inflasi total.

"Ke depan dengan penurunan harga bawang putih ini semoga bisa mengurangi inflasi," tambahnya.

Khusus bawang merah, pemerintah akan melakukan importasi sebesar 60.000 ton dalam dua bulan ke depan. Pengiriman pertama sudah dilakukan pada pekan lalu dengan mendatangkan bawang merah secara bertahap.

Begitu juga dengan importasi bawang putih yang terus dilakukan karena 95 persen kebutuhan bawang putih lokal dipenuhi dari impor, sisanya dari pasar domestik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.