Kompas.com - 16/05/2013, 10:58 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu taipan Indonesia, Garibaldi Thohir, tengah mengincar perusahaan tambang. Melalui perusahaan keluarga, Trinugraha Thohir (TNT), pria yang akrab disapa Boy Thohir ini sudah menyiapkan dana untuk aksi korporasi tersebut.

Namun, Boy belum mau mengatakan, identitas perusahaan dan jenis komoditas tambang yang dimaksud. "Pokoknya yang berkilau-kilau, dalam waktu dekat saya kabari," ujarnya belum lama ini.

Untuk akuisisi, Boy tidak sendirian, melainkan lewat konsorsium. Adapun, konsorsium itu antara lain terdiri dari Edwin Soeryadjaya, Theodore Permadi Rachmat, serta Benny Subianto.

Sayang, Boy masih menutup rapat terkait rencananya tersebut. Ia hanya bilang, aksi ini akan menambah deretan portofolio investasi perusahaan keluarga Thohir, TNT.

Sekedar informasi, Trinugraha mengempit kepemilikan saham di sejumlah perusahaan yang sahamnya tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI). Perusahaan-perusahaan itu antara lain: PT Adaro Energy Tbk (ADRO), PT Surya Esa Perkasa Tbk (ESSA), PT Mahaka Media Tbk (ABBA), dan PT Permata Prima Sakti Tbk (TKGA).

Selain melalui Trinugraha, Boy juga memiliki saham ADRO secara pribadi. Berdasarkan laporan resmi ADRO, pemegang saham ADRO per 30 April 2013 terdiri dari Boy Thohir sebesar 6,19 persen, PT Adaro Strategic Investments (ASI) sebesar 43,91 persen, dan sisanya publik.

Nah, pemegang saham ASI ini adalah TNT, PT Triputra Investindo Arya yang digawangi Teddy Rachmat, dan PT Persada Capital Investama milik Benny Subianto. Selain itu, Edwin Soeryadjaya dan Sandiaga Salahudin Uno juga turut serta melalui PT Saratoga Capital.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Siapkan Rp 300 miliar

Selanjutnya, melalui perusahaan patungan dengan PT Akraya International, TNT menguasai saham ESSA sebesar 33 persen. Adapun di Mahaka Media, keluarga Thohir melalui PT Beyond Media menguasai 60,28 persen saham ABBA.

Awal Maret 2013 kemarin, Trinugraha menuntaskan akuisisi sebagian saham PT Hutchison CP Telecommunications. Trinugraha menggandeng Northstar Pacific Indonesia milik Patrick Waluyo untuk membeli 35 persen saham Hutchison CP milik Hutchison Whampoa Ltd.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.