Kompas.com - 20/05/2013, 07:50 WIB
Editoradvertorial

Perkembangan teknologi informasi dalam sepuluh tahun terakhir telah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Hal ini dapat dilihat dari perannya yang sangat besar dalam berbagai aktifitas yang dilakukan di sebuah organisasi atau perusahaan. Business Intelligence atau lebih dikenal dengan BI merupakan salah satu bagian dari teknologi informasi yang mampu menjawab kebutuhan organisasi dalam menganalisis masalah-masalah yang ada, termasuk dalam pengambilan keputusan.

BI sudah cukup banyak dikenal dan digunakan oleh organisasi-organisasi di berbagai industri. Business Intelligence Solution sendiri merupakan istilah dari jenis aplikasi ataupun teknologi yang digunakan untuk  mengumpulkan data, menyediakan akses, menganalisa data dan informasi mengenai kinerja sebuah perusahaan. BI dapat digunakan pada level operasional sampai level pengambil keputusan. Microsoft sendiri sudah menyediakan layanan software Business Intelligence Solution untuk menjawab kebutuhan tersebut dan terus melakukan pembaharuan sejalan dengan kebutuhan pasar.  Berdasarkan adanya kebutuhan-kebutuhan di industry yang dinamik, Microsoft selalu meluncurkan perangkat lunak  yang dinamis dengan versi terbaru yaitu Microsoft Business Intelligence yang dapat diakses secara tradisional (on-premise) dan Cloud.

Khusus untuk aplikasi cloud, Microsoft BI tersedia dalam bentuk aplikasi host (hosted application) yang dikelola oleh partner lokal Microsoft Indonesia dan aplikasi Cloud (Cloud application) yang dikelola langsung oleh Microsoft Corporation. Perusahaan dapat memilih layanan mana yang cocok untuk kondisi perusahaannya. Dengan menggunakan aplikasi cloud tersebut, maka perusahaan dapat memperoleh beberapa manfaat seperti tidak perlu menyediakan infrastruktur, tidak perlu biaya lisensi perangkat lunak, dan mengurangi biaya operasional untuk pemeliharaan sistem. Dan tentunya semua diakses melalui perangkat mobilitas Windows 8 yaitu tablet, pc/ notebook dan Windows Phone.

Sistem pada Microsoft Business Inteligence memungkinkan Anda untuk mendapatkan informasi secara historis, saat ini dan prediksi ke depan dengan cara mengolah data yang diperoleh dari gudang data (data warehouse) dan data operasional. Perangkat lunak dari Microsoft BI membantu proses ekstrak & analisa data sampai pada pelaporan informasi. Microsoft BI juga dapat membantu pelaku keuangan dalam melakukan analisa dan tren penjualan, kebutuhan stok yang mendukung produksi, serta pelaporan keuangan. Hal ini tentunya berperan besar dalam pengambilan keputusan, serta membantu manajemen kinerja bisnis saat ini dan masa yang akan datang.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan manfaat dari solusi Business Intelligence, Microsoft BI sudah dapat diakses secara mobile melalui Windows 8 Tablet dan Windows Smartphone. Fitur-fitur dari perangkat keras ini sudah bisa berintegrasi langsung dengan perangkat lunaknya sehingga menciptakan sebuah solusi yang terintegrasi untuk mendukung kegiatan bisnis, baik dari sisi software maupun hardware devices. Untuk informasi lebih lanjut mengenai BI, silakan hubungi tim BI di Microsoft Indonesia. (Adv) 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.