Kompas.com - 20/05/2013, 18:30 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

TOKYO, KOMPAS.com - Pemerintah Jepang menaikkan prospek ekonomi negaranya sendiri, menyusul mulai bergairahnya ekspor dan hasil industri sebagai hasil dari kebijakan perekonomian Perdana Menteri Shinzo Abe.

Menurut keterangan resmi Pemerintah Jepang, kekuatan ekonomi terbesar ketiga di dunia itu secara perlahan mulai pulih dari stagnasi. Upgrade prospek ekonomi itu adalah yang pertama sejak April, ketika ekonomi negara ini mulai membaik. Meskipun demikian, ada beberapa titik yang dinilai masih lemah.

"Salah satu titik kelemahan perekonomian Jepang adalah yang terkait dengan sektor jasa. Namun demikian, perekonomian Jepang mulai membaik saat nilai tukar yen melemah dan perekonomian AS membaik," ujar Hiroshi Miyazaki, ekonom senior Mitsubishi UFJ Morgan Stanley Securities Senin (20/5/2013).

Sejak Perdana Menteri Shinzo Abe membuka strategi ekonomi pada November tahun lalu, nilai tukar yen terus melemah. Abe berharap kebijakan ekonominya bisa menciptakan mendorong bergairahnya pasar modal serta perekonomian secara luas melalui penciptaan rantai konsumsi, investasi dan lapangan kerja. Hal itu diharapkan bisa mendorong perekonomian Jepang.

"Kami mengimplementasikan kebijakan fiskal dan moneter di bawah administrasi PM Abe, dan hal ini akan menciptakan perbaikan ekonomi," ujar Menteri Perekonomian Hepang, Akira Amari.

Dia menjelaskan, dalam kondisi normal, ekspor menjadi lokomotif pertumbuhan ekonomi. AKan tetapi dalam kondisi seperti saat ini, ekonomi Jepang akan lebih banyak digerakkan oleh konsumsi.

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.