Kompas.com - 20/05/2013, 20:44 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Chatib Basri akhirnya resmi dilantik sebagai Menteri Keuangan (Menkeu), Senin (20/5/2013). Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Sohibul Iman mengingatkan Chatib untuk segera menyelesaikan pekerjaan rumah Menkeu.

"Dia harus prudent dalam mengelola keuangan negara. Dia harus menjaga fiskal harus sehat dan bisa melahirkan program yang dapat memacu pertumbuhan. Selesaikan persoalan pengangguran dan mampu menempatkan skala prioritas," ujar Sohibul di Kompleks Parlemen, Senin (20/5/2013).

Sohibul juga meminta agar Chatib selaku menteri melakukan komunikasi yang baik dengan instansi-instansi pemerintahan yang lain. Pasalnya, politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menilai komunikasi yang dilakukan Menkeu sebelumnya cukup buruk. "Harus bisa dibedakan antara hati-hati dengan kelemahan komunikasi. Artinya jangan karena hati-hati, kemudian komunikasi terabaikan," imbuh Sohibul.

Seperti diberitakan sebelumnya, Chatib Basri dilantik sebagai Menteri Keuangan menggantikan Agus Martowardojo. Agus diganti karena terpilih menjadi Gubernur Bank Indonesia.

Sebelumnya, Presiden menjelaskan dipilihnya Chatib sebagai Menkeu lantaran yang bersangkutan adalah ekonom yang memiliki pengalaman dan penugasan yang luas. Selama menjabat BKPM sekitar satu tahun, kata Presiden, investasi di Indonesia tumbuh secara signifikan sehingga berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi.

"Di kala ekspor kita dan negara lain mengalami kemerosotan, investasi jadi penopang utama pertumbuhan ekonomi Indonesia yang terjaga baik atau relatif tinggi di kala dunia mengalami resesi," kata Presiden saat jumpa pers di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (20/5/2013).

Presiden menambahkan, ia memilih Chatib lantaran juga pernah bertugas sebagai staf khusus Menkeu serta Deputi Menkeu untuk tugas-tugas G-20. Sebelum menjadi Kepala BKPM, Chatib juga menjabat Wakil Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Atas pendidikan, penugasan, pengalaman dedikasinya, saya memandang Chatib Basri cakap dan bisa mengemban tugas sebagai Menteri Keuangan," kata Presiden.

Chatib Basri sebenarnya belum genap setahun menakhodai BKPM. Ia dilantik menjadi Kepala BKPM pada 14 Juni 2012, menggantikan Gita Wirjawan yang menjadi Menteri Perdagangan.  Pria kelahiran Jakarta, 22 Agustus 1965 ini, juga pernah menjadi Staf Khusus Menteri Keuangan (2006-2010), kemudian anggota Komite Penanaman Modal Bidang Ekonomi di BKPM (2007-2008), Sherpa Indonesia untuk G-20 (2008), dan Deputi Menteri Keuangan untuk G-20 (2006-2010). Chatib juga sempat menjadi Wakil Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN). Ia masih mengajar di FE UI. 

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.