Kompas.com - 23/05/2013, 21:32 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Cabang Semarang sepanjang Januari – Maret 2013, telah berhasil menggaet debitur sebanyak 3.779 nasabah atau mengalami pertumbuhan  sekitar 18 persen dibandingkan dengan periode sama tahun lalu sebesar 3.203 nasabah.

Rahfie Syaefulshaaf, Pemimpin PNM Cabang Semarang mengatakan, seiring dengan bertambahnya jumlah nasabah, kinerja pembiayaan mikro di wilayah Semarang dan sekitarnya juga meningkat. Selama kuartal I 2013, PNM Cabang Semarang telah menyalurkan pembiayaan mikro sebesar Rp162,08 miliar atau tumbuh 9,68 persen dibandingkan dengan pencapaian periode yang sama tahun lalu Rp147,76 miliar. 

“Kami yakin ke depannya kinerja kami akan terus tumbuh mengingat masih sangat besar potensi UMKM yang belum tergarap di wilayah Semarang,” ujar Rahfie dalam siaran pers Kamis (23/5/2013).

Menurutnya, untuk mendukung kinerja tersebut, PNM Cabang Semarang juga memberikan pelatihan atau pembinaan usaha kepada para nasabahnya melalui Program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU).

Program ini dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi nasabah dan meningkatkan nilai tambah UMKM. Khusus untuk klaster Pati dan sekitarnya, pelatihan  nasabah ini diselenggarakan di Kudus. Pelatihan bertema “Strategi Peningkatan Omzet Penjualan” ini diikuti oleh sekitar 200 nasabah UMK dan  trainer dari tim Trusco, Dimas Anafadli.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.