Kompas.com - 27/05/2013, 09:41 WIB
|
EditorTjahja Gunawan Diredja

JAKARTA, KOMPAS.com -Gubernur Bank of Japan, Haruhiko Kuroda, memperbaiki pernyataan sebelumnya yang sempat membuat khawatir investor mengenai keseriusan bank sentral Jepang (BoJ) mengucurkan stimulus sebesar 74 miliar dollar AS per bulan.

Jepang pun siap mengantisipasi kenaikan suku bunga maupun inflasi.

Seperti dikutip ekonom Samuel Sekuritas Indonesia, Lana Soelistianingsih, di Jakarta, Senin (27/5/2013), Kuroda menyatakan ekonomi Jepang siap dengan kenaikan suku bunga karena efek dari ekspektasi investor terhadap perbaikan ekonomi di Jepang seklaigus memberi ekspektasi inflasi.

Pernyataan ini mengindikasikan dukungan BoJ terhadap sentimen investor yang bullish terhadap pasar Jepang setelah pada Kamis pekan lalu lalu sempat anjlok tajam.

Namun demikian, kenaikan suku bunga di Jepang ini dikhawatirkan berdampak negatif terhadap pertumbuhan ekonomi.

BoJ menargetkan kenaikan aset dalam neracanya hingga 30 persen dari PDB sebesar 5,9 triliun dollar AS atau mencapai senilai 1,8 triliun dollar AS.

Hal itu setara dengan besaran quantitative easing (QE) yang dikeluarkan oleh Bank Sentral AS, the Fed, selama ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kebijakan stimulus Jepang ini juga dikhawatirkan berdampak buruk untuk kesinambungan utang pemerintah Jepang. Saat ini utang Jepang diperkirakan mencapai 245 persen dari PDB.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.