Kompas.com - 28/05/2013, 14:28 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kresna Graha Securindo Tbk memastikan PT Sidomuncul akan segera melepas sahamnya ke publik melalui mekanisme penawaran publik saham perdana (initial public offering/IPO) sebanyak 10 persen saham.

Michael Steven, Direktur Utama Kresna Graha, rencananya Sidomuncul bakal IPO pada semester dua tahun ini. "Nilainya berkisar Rp 1 triliun-Rp 1,5 triliun," katanya, Selasa (28/5/2013).

Seperti diberitakan sebelumnya, Sidomuncul menargetkan mulai tercatat di Bursa Efek Indonesia pada September 2013. Irwan Hidayat, Direktur Utama Sidomuncul, pernah mengatakan saat ini seluruh persyaratan untuk IPO sedang disusun dan akan segera didaftarkan ke Otoritas Jasa Keuangan pada bulan ini. “September 2013, kami mengharapkan sudah selesai listing di BEI. Namun, kami belum dapat menyebutkan berapa target dana yang diperoleh,” ujarnya.

Menurutnya, hasil penjualan saham 10 persen itu, akan digunakan untuk investasi pendidian pabrik farmasi baik melalui akuisisi maupun pengembangan teknologi di internal perusahaan.

“Dana dari hasil penjualan saham itu akan digunakan untuk investasi pabrik farmasi agar seimbang antara pengobatan timur [jamu tradisional] dengan pengobatan barat [moderen],” tuturnya.

Irwan mengatakan rencana melakukan IPO itu juga sekaligus untuk menyelamatkan perusahaannya yang tengah memasuki generasi ke-4, sehingga perlu untuk dilakukan go public agar lebih transparan dan profesional lagi.

Dia menambahkan, jika sebuah perusahaan sudah memasuki generasi ke- 4, maka akan semakin sulit untuk mengatur perusahaan itu, sehingga perlu mengupayakan agar perusahaan keluarga itu tetap eksis dan semakin profesional. (Arif Wicaksono/Tribunnews)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.