Kompas.com - 29/05/2013, 13:37 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Lembaga Penjamin Simpanan berharap beberapa investor yang sempat mengajukan penawaran untuk membeli PT Bank Mutiara Tbk (dulu Bank Century) kembali memasukkan penawaran dengan lebih serius menyusul dibukanya kembali penjualan bank tersebut.

Sebagaimana diketahui, LPS kembali membuka kesempatan bagi calon investor untuk memasukkan dokumen pembelian Bank Mutiara paling lambat 24 Juni 2013 dan melengkapi persyaratan selambat-lambatnya 1 Juli 2013. Sebagaimana penawaran sebelumnya, Bank Mutiara dijual seharga Rp 6,7 triliun atau sebesar dana penyelamatan untuk bank tersebut yang digelontorkan pemerintah pada 2008.

Sekretaris Perusahaan LPS Samsu Adi Nugroho menjelaskan, pada penawaran sebelumnya, sebenarnya ada calon investor yang sebenarnya serius membeli kendati mereka masih ada sejumlah persyaratan yang belum dipenuhi.

"Tentunya kami berharap investor yang pernah memasukkan dokumen penawaran kembali berminat. Ini karena ada beberapa dari investor yang menawar sebenarnya serius untuk memiliki Bank Mutiara," ujarnya, Rabu (29/5/2013).

Dia menjelaskan, seluruh investor yang mengajukan pembelian Bank Mutiara pada penawaran sebelumnya tidak memenuhi persyaratan yang diajukan. Persyaratan yang tidak berhasil dipenuhi itu di antaranya laporan keuangan yang tidak lengkap, kemampuan pendanaan hingga tidak bersedia menunjukkan ultimate shareholders.

"Makanya kami tidak bisa mengidentifikasi para calon pembeli itu SVP (special purpose vehicle/perusahaan yang memiliki tujuan khusus) ataukah bukan. Itu yang sebenarnya ingin kami buka pada pemenuhan persyaratan administrasi," kata Samsu.

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.