Kompas.com - 03/06/2013, 09:33 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — DBS Group Holdings Ltd menyetujui untuk memperpanjang tenggat waktu menjadi saham pengendali di PT Bank Danamon Tbk (BDMN). DBS memundurkan kesepakatan akuisisi penuh Bank Danamon hingga 1 Agustus 2013. Adapun tenggat waktu pengambilan saham Danamon habis 2 Juni 2013 kemarin.

DBS saat ini memang menjalin kesepakatan dengan Fullerton Financial Holding Pte untuk membeli saham Bank Danamon. Fullerton memang memegang 67,37 persen saham Bank Danamon. Meski DBS dan Fullerton sendiri merupakan sama-sama anak perusahaan dari BUMN Singapura, Temasek.

"DBS akan membuat pengumuman lebih lanjut ketika ada perkembangan signifikan pada transaksi ini," demikian laporan pernyataan dari DBS seperti dikutip Bloomberg, Senin (3/6/2013)

Karen Ngui, juru bicara DBS mengatakan pihaknya belum menerima salinan pemberitahuan secara tertulis dari Bank Indonesia (BI) yang hanya memperbolehkan DBS mengambil alih saham Fullerton Financial Holding sebesar 40 persen. Sebab, harapan awalnya DBS bisa mengambil saham Fulllerton secara penuh sehingga secara langsung bisa menjadi pengendali saham Bank Danamon.

Pengunduran jadwal akuisisi ini merupakan kedua kalinya dilakukan oleh DBS karena belum adanya kesepakatan dari kedua belah pihak. Regulator perbankan di Indonesia memanfaatkan transaksi ini untuk memperoleh asas resiprokal bagi bank di tanah air untuk bisa sama-sama membuka cabang di Singapura.

Bulan lalu, Darmin Nasution yang saat itu masih menjabat sebagai Gubernur BI, mengatakan bahwa BI hanya mengizinkan DBS membeli 40 persen saham Danamon (melalui akuisisi saham di Fullerton). Izin itu kurang dari proposal awal yang diajukan DBS, yakni membeli 67,47 persen saham Danamon senilai Rp 66,4 triliun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.