Kompas.com - 04/06/2013, 07:30 WIB
EditorErlangga Djumena

NEW YORK, KOMPAS.com  Saham-saham di Wall Street berbalik naik pada Senin (3/6/2013) waktu setempat, (Selasa pagi WIB) dari penurunan tajam Jumat lalu, meskipun data manufaktur dan belanja konstruksi di Amerika Serikat melemah.
     
Indeks Dow Jones Industrial Average melompat 138,46 poin (0,92 persen) menjadi berakhir pada 15.254,03. Indeks S&P 500 naik 9,68 poin (0,59 persen) pada 1.640,42, sementara indeks komposit teknologi Nasdaq naik 9,45 poin (0,27 persen) menjadi 3.465,37.

Indeks pembelian manajer (PMI) manufaktur AS dari Institute for  Supply Management secara tak terduga merosot ke wilayah kontraksi pada Mei untuk pertama kalinya sejak November tahun lalu, dan Departemen Perdagangan melaporkan bahwa belanja konstruksi pada  April naik 0,4 persen, kurang dari setengah dari kenaikan yang diharapkan.

"Memburuknya data ekonomi mengurangi beberapa kekhawatiran seputar Federal Reserve yang kemungkinan memangkas pembelian aset dalam waktu dekat." Demikian kata Charles Schwab & Co.

Namun, penjualan mobil AS yang lebih baik dari perkiraan pada Mei menunjukkan berlanjutnya kenaikan dalam industri otomotif.

Saham Ford naik 1,3 persen setelah melaporkan peningkatan 14 persen pada penjualan Mei dari setahun lalu. General Motors naik 1,6 persen karena peningkatan 3,1 persen tahun ke tahun dalam penjualannya.

Merck melompat 3,8 persen setelah pada Minggu mengumumkan hasil awal menggembirakan dalam percobaan terapi kanker yang menargetkan melanoma tingkat lanjut.

Intel melonjak hampir 4,0 persen. "Pembuat cip yang kesulitan ini mendapat dorongan dari kenaikan peringkat oleh FBR Capital Markets menjadi outperform," kata Jon Ogg dari 24/7 Wall St.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Harga obligasi naik. Imbal hasil pada obligasi negara AS 10 tahun turun menjadi 2,13 persen dari 2,16 persen pada akhir Jumat, sementara pada obligasi 30 tahun jatuh ke 3,28 persen dari 3,31 persen. Harga obligasi bergerak terbalik terhadap imbal hasil.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.