Kompas.com - 05/06/2013, 13:23 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Cipaganti Citra Graha Tbk melepas saham ke pasar sebanyak 2 miliar lembar saham atau 40 persen melalui penawaran umum perdana (initla public offering/IPO).

Saham yang ditawarkan ke publik itu terdiri dari 1,75 miliar saham baru dan 250 juta saham milik induk usaha perseroan, PT Cipaganti Global Corporindo. Dana yang diperoleh dari aksi korporasi ini, 93,21 persen akan digunakan untuk membiayai investasi perseroan, yang meliputi pembelian kendaraan baru, penambahan bis pariwisata, peremajaan alat berat, membeli tanah, hingga renovasi bangunan kantor.

Sementara itu sisanya sebanyak 6,79 persen akan digunakan untuk mendanai modal kerja perusahaan. Dalam IPO yang digelar, CIpaganti Graha menunjuk PT MAndiri Sekuritas dan PT Kim Eng Securities sebagai penjamin pelaksana emisi.

Perseroan juga akan menggelar program ESA (Employee Stock Allocation) sebanyak 2 persen dari saham yang ditawarkan. Guna menjaga stabilitas harga saham, induk usaha perseroan akan meminjamkan 10 sahamnya kepada PT Mandiri Sekuritas sebagai agen stabilisasi saham. Melalui langkah itu diharapkan harga tidak anjlok di bawah harga saat IPO.

Hingga akhir 2012, perseroan mencatatkan laba bersih sebesar Rp 76,29 miliar atau naik 78,39 persen dari akhir 2011 sebesar Rp 42,72 miliar. Laba bersih itu diperoleh dari pendapatan Cipaganti Citra Graha pada akhir 2012 sebesar Rp 639,37 miliar atau naik 20,76 persen dari akhir 2011.

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.