Kompas.com - 07/06/2013, 07:22 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan akhir pekan ini diprediksi mencoba bertahan di tengah kondisi pasar yang belum kondusif. 

Analis Trust Securities Yusuf Nugraha mengatakan, masih berjualannya pelaku pasar asing, merahnya penutupan mayoritas bursa saham Asia, dan pembukaan pasar Eropa membuat kondisi yang ada turut menambah ketidaknyamanan di pasar.

"IHSG berada di area jenuh jual (oversold). Namun, kami prediksi masih ada dorongan daya beli sehingga diharapkan mampu menahan agar IHSG tidak terlalu jatuh," kata Yusuf di Jakarta, Jumat (7/6/2013).

Bursa global dan regional bergerak variatif. Bursa saham Eropa mencoba berbalik positif dengan merespons penurunan unemployment rate Perancis dan sejumlah data inflasi di berbagai wilayah zona Euro. Selain itu, tetapnya suku bunga BoE Inggris dan ECB turut menambah sentimen positif.

Sementara itu, bursa saham AS diperkirakan akan mencoba menguat dengan merespons penurunan challanger job cuts (YoY) dan initial jobless claims dari sebelumnya. Meskipun demikian, pelaku pasar juga kemungkinan akan mencermati sentimen jadi tidaknya pengurangan stimulus The Fed.

Yusuf mengharapkan dorongan tersebut masih akan ada jelang akhir pekan ini sehingga IHSG tetap bertahan di atas level 5000-nya. Pada perdagangan Jumat (7/6/2013), diperkirakan IHSG akan berada pada support 4.938-4.966 dan resistance 5.010-5.021.

Sementara rekomendasi sahamnya antara lain BSDE, JSMR, MNCN, SMRA, AKRA, LPKR, HRUM, ACES, BKSL, ARNA, dan WSKT.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.