Kompas.com - 07/06/2013, 14:09 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Kredit mikro memang identik dengan bunga tinggi. Namun, ada beberapa bank yang menawarkan suku bunga rendah, bahkan di bawah 10 persen.

Hal ini tentunya sangat membantu masyarakat mengembangkan usaha kecil mulai bangkit. Demikian juga bagi karyawan yang mengembangkan bisnis kecil-kecilan sebagai sumber pendapatan sampingan.

Kredit mikro ini biasanya memiliki plafon antara Rp 5 juta hingga Rp 500 juta, atau tergantung dari masing-masing bank. Dari bank-bank yang menyediakan kredit mikro, ada sejumlah bank yang mematok bunga sangat kompetitif, yaitu di bawah 10 persen.

Dari data Bank Indonesia per April, sebagian besar dari bank yang berani mematok bunga rendah adalah Bank Pembangunan Daerah (BPD), meskipun ada bank swasta yang juga memberikan bunga cukup menarik ini.

Sementara itu untuk bank BUMN, tercatat hanya PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) yang berani menawarkan bunga kredit mikro jauh lebih menarik ketimbang tiga saudaranya yang lain. Berikut bank-bank yang menawarkan kredit mikro dengan bunga rendah:

Bunga Kredit Mikro di Bawah 10 persen
BPD Jateng -- 6,84
Bank of China Ltd -- 7,07
BPD Kaltim -- 8,22
BPD Bali -- 8,23
BPD Kalsel -- 8,46
BPD Riau Kepri -- 9,23
BPD Kalbar -- 9,81
Bank Sinarmas -- 9,98

Kredit Mikro Bank BUMN
BNI -- 11,60
BTN -- 17,75
BRI -- 19,25
Bank Mandiri -- 22,00

Sumber: Bank Indonesia

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.