Kompas.com - 10/06/2013, 20:42 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

TOKYO, KOMPAS.com - Ekonomi Jepang berkembang lebih cepat dari perkiraan sebelumnya dalam tiga bulan pertama tahun ini. Data dari Kantor Kabinet menunjukkan pertumbuhan yang dicapai oleh negara tersebut pada triwulan I-2013 mencapai 4,1 persen pada Januari-Maret.

Pertumbuhan itu tercatat lebih tinggi dari perkiraan awal, sebesar 3,5 persen. Angka pertumbuhan tersebut muncul beberapa hari setelah Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengumumkan paket ketiga kebijakan ekonominya.

Sejak memenangkan pemilihan umum pada Desember 2012, Shinzo Abe berjuang keras untuk memperbaiki keadaan ekonomi negaranya, termasuk berjuang melawan inflasi melalui kebijakan ekonomi yang terkenal dengan sebutan 'Abenomics'.

Kebijakan tersebut berhasil menekan nilai tukar yen hingga melemah 20 persen sejak November. Kondisi tersebut memberi stimulus bagi eksportir lantaran produk mereka lebih kompetitif dipasar ekspor. Hal itu sekaligus mampu mendongkrak indeks di bursa Tokyo.

Atas keberhasilan Jepang mengerek pertumbuhan ekonominya itu, para analis menilai saat ini perekonomian negara Matahari Terbit ini berada dalam jalur yang benar. "Revisi ke atas sudah terbukti, bahwa perekonomian Jepang saat ini berada pada jalur yang benar," ujar Hideki Matsumura, ekonom senior pada  Japan Research Institute, Senin (10/6/2013).

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.