Kompas.com - 11/06/2013, 16:24 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks harga saham gabungan (IHSG) hari Selasa (11/6/2013) ini ditutup di posisi 4.588,35 atau anjlok sebesar 3,95 persen. Sentimen negatif mengenai kebijakan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi masih menyelimuti bursa saham dalam negeri, di samping juga isu global.

Sejak dibuka, indeks terus menunjukkan pelemahan, dan seluruh sektor mencatatkan penurunan. Saham sektor properti mencatatkan pelemahan paling rendah, turun hingga 5,58 persen, dan disusul oleh segmen sektor industri dasar, yang mengalami minus 5,55 persen. Salah satu penyumbang pelemahan adalah kaburnya investor asing dengan menarik dana hingga Rp 3,9 triliun darilantai bursa.

Sementara itu, saham-saham yang tercatat sebagai top gainer adalah MREI (22,8 persen), NIPS (5,29 persen), PTSP (13,49 persen), AALI (1,82), SMDR    (4,82) dan BAEK (6,38). Adapun saham yang menjadi top losser adalah HMSP  (-3,34),  MYOR (-7,14), LMSH (-17,74), GGRM (-3,41), INTP (-7,43) dan UNTR (-6,04).

Analis Indosurya Securities Reza Priyambada menilai pelemahan ini terkait dengan risiko yang muncul akibat penaikan harga BBM bersubsidi serta inflasi yang ditimbulkan akibat kebijakan itu. "Memang, dalam beberapa hari ini pelemahan terjadi karena investor merespon kebijakan kenaikan harga BBM bersubsidi," jelasnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.