Kompas.com - 11/06/2013, 21:32 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi XI DPR meminta target setoran perpajakan untuk Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2013 ini naik Rp 5,5 triliun. Hal ini akan mengoptimalkan penerimaan negara di tahun ini.

Ketua Komisi XI Emir Moeis mengatakan tambahan setoran perpajakan tersebut terdiri dari penerimaan pajak non migas Rp 4,5 triliun dan penerimaan pajak dari cukai Rp 1 triliun. "Kami minta pemerintah menaikkan setoran penerimaan perpajakan untuk APBN di tahun ini sebesar Rp 5,5 triliun," kata Emir saat rapat kerja di Komisi XI Jakarta, Selasa (11/6/2013).

Dengan kondisi itu, pemerintah akan mengoptimalkan penerimaan pajak sebesar Rp 1.144,8 triliun di tahun ini, meningkat dari sebelumnya Rp 1.139,3 triliun. Penerimaan tersebut terdiri dari optimalisasi pemerimaan pajak non migas Rp 920 triliun yang rinciannya berupa Rp 464,5 triliun dari pajak penghasilan non migas, Rp 423,7 triliun dari pajak penjualan atas barang mewah (PPN BM), pajak bumi dan bangunan Rp 27,3 triliun dan pajak lainnya Rp 5,4 triliun.

Sementara itu, target penerimaan pajak bea cukai ditetapkan sebesar Rp 153,2 triliun yang terdiri dari penerimaan cukai Rp 104,7 triliun, pajak bea masuk Rp 30,8 triliun, pajak bea keluar Rp 17,6 triliun serta pajak penghasilan migas Rp 70,8 triliun.

Di tempat yang sama, Direktur Jenderal Pajak Fuad Rahmany mengatakan masih akan mengoptimalkan target setoran penerimaan pajak tersebut. Saat ini, pihaknya akan melihat kemungkinan sektor apa saja yang akan digarap untuk memenuhi target tersebut.

"Kita belum tahu sektor apa saja yang akan kita kejar. Tapi saya orangnya realistis saja. Anda maunya berapa,saya akan kasih," kata Fuad.

Untuk itu, Dirjen Pajak akan mengoptimalkan setoran perpajakan dari pajak properti, UMKM hingga sektor lainnya. Namun Fuad masih enggan menjelaskan sektor mana yang akan digarap secara spesifik tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.