Kompas.com - 12/06/2013, 08:16 WIB
EditorErlangga Djumena

CHICAGO, KOMPAS.com - Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir lebih rendah pada Selasa (11/6/2013) waktu setempat, (Rabu pagi WIB).  Pasat merespon bank sentral Jepang yang tidak memberikan stimulus tambahan. Investor global juga menunjukkan kekhawatirannya atas kenaikan suku bunga jangka pendek.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Agustus turun 9,0 dollar AS, atau 0,65 persen, menjadi 1.377 dollar AS per ounce.

Emas bergerak turun menanggapi aksi jual lebih luas yang mendominasi di seluruh dunia pada Selasa. "Yang berdampak spesifik terhadap emas, tampaknya kenaikan suku bunga jangka pendek tidak hanya di Jepang, tetapi juga di tempat lain," analis pasar mengatakan.

Meskipun emas biasanya naik ketika investor menghindari saham dan aset berisiko lainnya, penurunan harga komoditas yang lebih luas  membantu mendorong emas turun, analis mengatakan.

Harga obligasi negara AS jatuh pada Selasa, karena pasar global obligasi pemerintah terpukul, mendorong imbal hasil pada obligasi negara AS 10-tahun ke tingkat tertingginya sejak April 2012. Saham AS dibuka lebih rendah, dan kemudian mengupas kerugian awal sebelum tergelincir kembali ke tren penurunan.

Pasar Asia dan Eropa jatuh, sementara ekuitas di pasar negara berkembang memperlihatkan kerugian besar setelah bank sentral Jepang (BoJ) tidak melakukan perubahan untuk program pembelian aset dan langkah-langkah kebijakan lainnya.

Perak untuk pengiriman Juli turun 27,9 sen, atau 1,27 persen, menjadi ditutup pada 21,646 dollar AS per ounce.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.