Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendag Minta Pengusaha Lebih Rajin Berpromosi

Kompas.com - 15/06/2013, 11:48 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mendorong pelaku usaha untuk lebih gencar berpromosi guna menangkap peluang pasar yang terbuka lebar, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Menurut Gita, ada banyak pameran yang bisa diikuti oleh pelaku usaha nasional sebagai sarana promosi. "Peluang pasar dalam negeri Indonesia sangat besar dan terus menunjukkan tren positif. Paradigma ini perlu ditingkatkan karena merupakan langkah awal penguatan pasar dalam negeri yang harus dicapai secara optimal," ujarnya melalui siaran pers, Sabtu (15/6/2013).

Gita menambahkan, selama ini, sektor konsumsi masih menjadi kontributor mayoritas bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Dengan konsumsi masyarakat yang terus meningkat, pertumbuhan ekonomi Indonesia akan terus melonjak.

Di sisi lain, Gita juga mengharapkan para pengusaha untuk terus meningkatkan kualitas produk nasionalnya agar dapat masuk dalam rantai nilai (value chain) perdagangan internasional. Imbasnya nanti akan dapat mendongkrak peningkatan ekspor nasional.

Untuk itu, dia akan mendukung agar produk dalam negeri bisa menjadi tuan rumah di negerinya sendiri, apalagi di tengah serbuan produk impor. Pemerintah juga mengharapkan masyarakat agar mau mencintai produk dalam negeri. Hal tersebut diwujudkan dengan selalu mengonsumsi barang produksi anak negeri.

"Kami mengajak masyarakat untuk mencintai produk Indonesia, bangga memakai produk dalam negeri, dan meningkatkan upaya kearifan pangan lokal Indonesia," kata Gita.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com