Kompas.com - 17/06/2013, 16:55 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Setelah beberapa tahun tak jelas arahnya, permasalahan yang menimpa nasabah PT Asuransi Jiwa Bakrie (Bakrie Life) akhirnya menemui jalan terang.

Bakrie Life menyatakan mau membayar klaim atau dana investasi nasabahnya. "Kabar baik, Asuransi Bakrie sudah ada penyelesaian," sebut Anggota Dewan Komisioner Bidang Industri Keuangan Non Bank OJK, Firdaus Djaelani, Senin (17/6/2013).

Menurutnya, tahap pertama pembayaran sebesar Rp 62,5 miliar diberikan pada Juli mendatang. Kemudian, tahap kedua dengan besaran yang sama diberikan pada Agustus. Dengan demikian, pada akhir tahun ini pembayaran klaim tersebut diharapkan bisa rampung.

Meski begitu, jumlah pembayaran dana investasi tampaknya tak akan mencapai 100 persen dari total kewajiban Bakrie Life. "Kesepakatan antara nasabah dan perusahaan asuransi bisa saja 60 persen-70 persen. Sepanjang sepakat, itu jalan yang terbaik," ucap Firdaus.

Ia menyatakan bahwa OJK memberi kesempatan Bakrie Life karena perusahaan tersebut masih punya keinginan untuk menyelesaikan. Perusahaan milik Aburizal Bakrie itu juga mengesankan masih mau bertanggung jawab.

Ke depannya, OJK akan berusaha melakukan pencegahan agar hal seperti ini tak terjadi lagi. "Ini perlindungan terhadap konsumen," ucap Firdaus. Sebelumnya, Bakrie Life juga pernah menebar janji akan segera menyelesaikan kewajibannya kepada nasabah. Namun, hingga saat ini janji tersebut belum direalisasikan. (Annisa Aninditya Wibawa/Kontan)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.