Kompas.com - 18/06/2013, 19:42 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memutuskan PT Asuransi Bumi Asih Jaya (BAJ Life) masuk ke dalam kategori Pembekuan Kegiatan Usaha (PKU). Pihak regulator ini menegaskan, BAJ Life harus memenuhi kewajibannya terhadap nasabah.

"Mereka harus selesaikan dulu kewajibannya," ucap Anggota Dewan Komisioner bidang Industri Keuangan Non Bank OJK, Firdaus Djaelani, Selasa, (18/6/2013).

Ia mengatakan bahwa Bumi Asih Jaya sudah ingin menyerahkan izin usahanya kepada OJK. Namun, OJK menolak dan meminta perusahaan tersebut bertanggung jawab terlebih dahulu terhadap nasabahnya.

Pasalnya, bila mereka memberikan izin usaha tanpa memenuhi tanggung jawab, BAJ Life akan terkena sanksi insolven dan administratif. Selain itu, dewan direksi juga akan kesulitan untuk bekerja di tempat lain.

Firdaus mengatakan, dalam kondisi PKU ini, perusahaan tak bisa menerbitkan polis baru. Mereka hanya bisa mengurus bisnis lama dan boleh menerima premi lanjutan. Perusahaan juga wajib membayar klaim bila ada yang jatuh tempo.

Ia beralasan, perusahaan dalam kategori PKU ini tak bisa menjual produk baru karena OJK ingin mereka berkonsentrasi mengatasi permasalahannya. Firdaus menilai, pemberian izin kepada perusahaan yang dalam kondisi tak sehat justru akan membuat lubang kerusakan semakin besar.

Untuk itu, OJK memberi tenggat waktu 1-2 bulan bagi BAJ Life untuk menyelesaikan tanggung jawabnya. Nanti jika tanggung jawab BAJ Life terhadap nasabahnya sudah usai, OJK baru bisa mencabut izin usaha perusahaan yang sudah beroperasi sejak tahun 1967 ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

OJK melakukan PKU terhadap BAJ karena Risk Based Capital (RBC) yang sudah berada di titik negatif. Padahal berdasarkan ketentuan, RBC perusahaan asuransi normalnya berada di posisi minimum 120%. (Annisa Aninditya Wibawa/Kontan)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.