Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/06/2013, 07:36 WIB

CHICAGO, KOMPAS.com - Harga emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange jatuh pada Selasa (18/6/2013) waktu setempat, (Rabu pagi WIB), di tengah kekhawatiran atas kemungkinan pengurangan pembelian obligasi oleh Federal Reserve AS.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Agustus turun 16,2 dollar AS, atau 1,17 persen, menjadi menetap di 1.366,9 dlolar AS per ounce.

Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) memulai pertemuan dua hari pada Selasa. Meskipun sebagian besar analis tidak memperkirakan Fed akan mengumumkan pemotongan kembali program pembelian obligasi secepatnya, spekulasi pasar mengenai kemungkinan pengurangan itu mulai meningkat karena beberapa pejabat Fed mulai mendukung pengurangan pembelian aset pada bulan lalu.

Para investor akan mengamati dengan cermat setiap komentar oleh Fed tentang masa depan dari program pembelian obligasi 85 miliar dollar AS per bulan.

Data ekonomi yang dirilis Selasa juga bervariasi. Departemen Perdagangan AS melaporkan bahwa pembangunan rumah baru AS berbalik naik 6,8 persen pada Mei ke tingkat tahunan yang disesuaikan secara musiman 914.000 unit, setelah penurunan besar di bulan sebelumnya.

Departemen Tenaga Kerja AS mengatakan indeks harga konsumen mencatat kenaikan bulanan 0,1 persen pada Mei, setelah jatuh selama dua bulan.

Sementara perak untuk pengiriman Juli turun 8,1 sen, atau 0,37 persen, menjadi ditutup pada 21,677 dollar AS per ounce. Sedangkan platinum untuk pengiriman Juli, naik 5,3 dollar AS, atau 0,37 persen, menjadi ditutup pada 1.440,1 dollar AS per ounce.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com