Kompas.com - 20/06/2013, 14:30 WIB
Agus Martowardojo. KOMPAS/PRIYOMBODOAgus Martowardojo.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Bank Indonesia (BI) memperkirakan inflasi bulanan pasca-pengumuman kenaikan harga BBM bersubsidi akan melonjak di atas 2 persen. Kenaikan harga BBM akan memicu kenaikan harga barang di pasar.

Gubernur BI Agus Martowardojo memperkirakan inflasi bulanan yang melonjak akibat respons kenaikan harga BBM bersubsidi ini akan berjalan selama tiga bulan ke depan.

"Dengan adanya kenaikan harga BBM ini, inflasi bulanan akan naik di tiga bulan pertama. Mulai Juni akan ada inflasi di atas 2 persen," kata Agus di kantornya, Jakarta, Kamis (20/6/2013).

Menurut Agus, kenaikan inflasi bulanan pasca-kenaikan harga BBM bersubsidi ini akan terus menurun hingga Agustus mendatang. Bersyukur, pemerintah akan memberikan paket dana kompensasi kenaikan harga BBM bersubsidi selama empat bulan.

Imbasnya, Agus mengatakan bahwa inflasi tersebut tidak akan terasa dampaknya bagi masyarakat miskin. "Di bulan keempat akan hilang dampak inflasinya. Tapi secara tahunan, inflasi akan tetap 7,2 persen," tambahnya.

Meski kecenderungan inflasi melonjak, bank sentral belum akan menaikkan suku bunga acuannya (BI Rate) ke depan. Sebab, BI baru saja merilis kenaikan BI Rate dan deposit facility (Fasilitas Simpanan BI atau Fasbi) sebesar 25 bps masing-masing 6 persen dan 4,25 persen.

"Soal kenaikan BI rate nanti, tidak. Kita merespons itu tentu dalam hal bauran kebijakan, termasuk makro prudensial dan moneter kita. Memang salah satu instrumennya adalah BI Rate," ungkapnya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.