Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Data China dan The Fed Menekan Wall Street di Sesi Pembukaan

Kompas.com - 20/06/2013, 21:27 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com — Saham di Wall Street melemah saat pembukaan, merespons kondisi perekonomian China yang membuat bursa di berbagai negara anjlok serta langkah Federal Reserve yang akan menghentikan pemberian stimulus pada pertengahan tahun depan.

Lima menit setelah pasar dibuka, indeks Dow Jones turun 159,54 poin (1,06 persen) di posisi 14.952,65. Sementara itu, indeks S&P 500 tergelincir 19,45 poin (1,19 persen) menjadi 1.609,48 sedangkan indeks Nasdaq tumbang 43,10 poin (1,25 persen).

“The Fed mengambil kebijakan yang tidak mudah karena perekonomian sedang menguat,” ujar Jason Benowitz, broker dari Roosevelt Investment Group Inc, New York Kamis (20/6/2013).

Menurutnya, langkah the Fed tersebut sebenarnya bagus, akan tetapi efek yang ditimbulkan juga tidak sedikit. Salah satunya adalah naiknya imbal hasil obligasi jangka panjang Pemerintah AS dan menguatnya nilai tukar dollarAS.

"Dua hal ini membuat pasar-pasar di negara emerging market  menjadi berisiko. Demikian juga terhadap pasarsaham AS," lanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com