Kompas.com - 25/06/2013, 22:18 WIB
|
EditorHindra Liauw
MEDAN, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) menjalankan program pemberdayaan bagi nasabah melalui Daya Tumbuh Usaha untuk membantu mendorong peningkatan bisnis pelaku usaha kecil menengah. Daya Head BTPN, David Freddynanto menjelaskan, pemberdayaan yang dilakukan ini merupakan program berkelanjutan yang terukur, dengan mengintegrasikan misi sosial "BTPN menerapkan Daya di setiap unit bisnis.

Daya Tumbuh Usaha dirancang bagi pelaku usaha kecil dan mikro. Materi pelatihan tersebut, antara lain, pengelolaan keuangan hingga pemasaran," ujarnya Selasa (25/6/2013).

Dia menjelaskan, melalui program daya, nasabah mendapatkan materi yang bisa membantu meningkatkan usaha mereka. Untuk menjalankan program Daya, sejauh ini BTPN telah memiliki 84 tenaga pelatih khusus.  Selain memberikan pelatihan, tenaga pelatih itu juga memberikan pendampingan ke nasabah yang ikut program ini.

Hingga akhir Maret 2013, program Daya telah menjangkau 1,2 juta nasabah. Jumlah itu naik 51 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Di wilayah Sumatra Utara, BTPN telah mengadakan pelatihan untuk nasabah mikro sebanyak 286 kali selama kurun waktu Januari 2013 hingga Maret 2013.

Sementara itu, nasabah yang terlibat dalam program ini mencapai 4.053 orang. Khusus di Medan, jumlah pelatihan dilakukan sebanyak 123 kali dengan jumlah peserta mencapai 1.958 orang. "Yang terpenting dalam program ini adalah, bagaimana nasabah memiliki kesadaran untuk berkembang, dan usahanya bisa berjalan lebih baik," jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.