Kompas.com - 26/06/2013, 08:02 WIB
Satu unit pesawat Garuda Indonesia terlihat diparkir di Bandara Soekarno-Hatta AGUS SUSANTOSatu unit pesawat Garuda Indonesia terlihat diparkir di Bandara Soekarno-Hatta
EditorErlangga Djumena

SEATTLE, KOMPAS.com -Sebagai perwujudan program Quantum Leap, yaitu penyiapan menjadi maskapai penerbangan yang kompetitif dan mampu bersaing di tingkat internasional, Garuda Indonesia, Senin malam atau Selasa (25/6/2013) siang waktu Indonesia, untuk pertama kali menerima pesawat Boeing 777-300ER.

Wartawan Kompas, Totok Wijayanto, dari Seattle melaporkan, penyerahan simbolis dilakukan di pabrik Boeing di Everett, kota Seattle, Amerika Serikat, oleh Senior Vice President Sales for Asia Pacific & India Dinesh Keskar kepada CEO Garuda Indonesia Emirsyah Satar.

Duta Besar RI untuk Amerika Serikat Dino Patti Djalal, Komisaris Independen Garuda Indonesia Peter F Gontha, dan salah seorang pemegang saham Garuda, Chairul Tanjung, menyaksikan langsung penyerahan, kemudian sekaligus bersama-sama melakukan gunting pita.

Sementara dalam siaran persnya, Vice President Corporate Communication Garuda Indonesia Pudjobroto menyebutkan, pesawat seharga 150 juta dollar AS ini memiliki kapasitas kursi sebanyak 314 penumpang dengan konfigurasi 8 kursi untuk kelas utama (first class), 38 kursi untuk kelas bisnis (business class), dan 268 kursi untuk kelas ekonomi (economy class).

Dari total 10 pesawat Boeing 777-300ER yang dipesan, pada tahun ini, Garuda Indonesia akan menerima empat pesawat. Pesawat kedua akan diterima pada Juli 2013.

Dua pesawat pertama yang diterima nantinya akan melayani rute penerbangan Jakarta-Jeddah mulai Juli dan Agustus 2013. Dua pesawat selanjutnya akan didatangkan pada akhir tahun ini untuk melayani rute penerbangan baru Sydney-Jakarta-London mulai November 2013. Adapun enam armada lainnya dijadwalkan tiba pada 2014 dan tahun 2015.

Untuk pertama kalinya, sebagai bagian dari meningkatkan layanan kepada pengguna jasa penerbangan jarak jauh, pesawat berkapasitas 314 penumpang ini akan dilengkapi dengan pelayanan kelas utama.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.