Kompas.com - 26/06/2013, 09:05 WIB
Gedung BPK Gedung BPK
EditorPalupi Annisa Auliani
JAKARTA, KOMPAS.com - Rapat tertutup Komisi XI DPR memilih Agus Joko Purnomo sebagai anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Selasa (25/6/2013) malam. Agus terpilih untuk menggantikan Taufiequrahman Ruki yang memasuki masa pensiun.

"Setelah tak bisa melakukan pemilihan dengan musyawarah mufakat, akhirnya anggota sepakat dipilih melalui voting. Hasilnya Agus Joko memperoleh suara yang paling dominan," kata Wakil Ketua Komisi XI DPR Andi Timo Pangerang usai rapat.

Dalam pemungutan suara yang diikuti 56 anggota Komisi XI DPR, Agus Joko Purnomo memperoleh 42 suara. Perolehan suaranya mengungguli Muchayat yang mendapat 12 suara dan Eddy Rasyidin serta Gunawan Sidauruk yang masing-masing mendapat satu suara.

Andi mengatakan semula pimpinan Komisi XI menawarkan pemilihan ditempuh melalui mekanisme musyawarah mufakat. Namun, hal itu tidak disepakati karena dari awal memang terlihat ada perbedaan suara. "Kami tentu harus menghargai perbedaan pilihan. Dari hasil voting, terlihat memang ada perbedaan suara meskipun Agus Joko memperoleh suara dominan," tuturnya.

Menurut Andi, hasil pemilihan di Komisi XI akan dikirimkan ke Badan Musyawarah untuk diagendakan di rapat paripurna. Setelah paripurna, Agus akan dilantik Mahkamah Agung menjadi anggota BPK.

Andi berharap Agus yang sebelumnya menjadi tenaga ahli anggota BPK bisa langsung bekerja sama dengan anggota BPK lainnya. Apalagi, Agus hanya akan menjabat sebagai anggota BPK selama satu tahun empat bulan. "Meskipun menggantikan Pak Taufiequrahman Ruki, kami tidak tahu Pak Agus akan menjadi anggota bidang apa. Itu akan ditentukan oleh internal BPK," imbuh Andi.

Sebelumnya, Komisi XI melakukan uji kepatutan dan kelayakan untuk memilih satu orang anggota BPK yang akan menggantikan Taufiequrahman Ruki. Uji tersebut diikuti 22 orang, meskipun kemudian Misbakhun mengundurkan diri dengan alasan ingin berkonsentrasi menjadi calon anggota legislatif di Pemilu 2014.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber Antara
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.