Kompas.com - 26/06/2013, 14:23 WIB
|
EditorErlangga Djumena


JAKARTA, KOMPAS.com
- Bank Mandiri meluncurkan fitur layanan terbaru pada kartu debit yang dapat melakukan transaksi e-commerce (transaksi online) melalui mekanisme Verified by Visa (VbV/3D Secure) dan One Time Password.

Direktur Micro and Retail Bank Mandiri Hery Gunardi mengatakan, peluncuran fitur transaksi online pada kartu Mandiri Debit itu merupakan upaya Bank Mandiri untuk mengembangkan bisnis fokus segment retail payment.

"Kami berkomitmen untuk berinovasi memberikan pelayanan perbankan, khususnya memberi kemudahan dengan keamanan yang terjamin dalam belanja online," kata Hery, di Airman Lounge, Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (26/6/2013).

Hery mengklaim, Bank Mandiri merupakan bank pertama yang meluncurkan kartu debit visa yang menggunakan mekanisme VbV/3D Secureyang dapat melakukan transaksi online di toko online yang telah memiliki sertifikat Visa (VbV/3D Secure).

Untuk melakukan transaksi online, dengan menggunakan kartu Mandiri Debit, kata dia, yang terpenting adalah status kartu debit itu masih aktif dan nomor handphone nasabah terdaftar pada sistem bank.

"Jadi, nasabah hanya perlu menginput nomor kartu Mandiri debit. Terus, sistem Bank Mandiri itu akan mengirim password untuk diverifikasi melalui nomor HP. Kemudian, masukkan password di layar konfirmasi untuk berbelanja di online shopping," kata Hery.

Transaksi tersebut, menurutnya, sangat aman, karena dilengkapi oleh password atau authorization code yang diterima nasabah.  Setiap melakukan transaksi, password yang diterima akan berbeda, atau yang biasa dikenal dengan sistem One Time Password (OTP).

Menurut Hery, sistem tersebut menguntungkan nasabah, karena transaksi online tidak mungkin dilakukan oleh orang yang bukan pemilik kartu debit Mandiri. "Menggunakan sistem ini, akan melindungi nasabah dari kejahatan cyber atau cyber fraud," kata dia.

Hingga Maret 2013, transaksi nasabah menggunakan Debit Mandiri mencapai 11 juta transaksi. Jumlah itu meningkat 38 persen dari Maret 2012 yang mencapai 7,9 juta transaksi. Selain itu, Bank Mandiri juga telah menerbitkan kartu Mandiri Debit sebanyak 10,5 juta kartu, dengan market share (penguasaan pasar) sebesar 14 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.