Cair, Tahap Pertama Kredit Sindikasi Tol Cikampek-Palimanan

Kompas.com - 27/06/2013, 08:53 WIB
Ilustrasi pembangunan jalan tol HARIAN KOMPAS/PRIYOMBODOIlustrasi pembangunan jalan tol
EditorPalupi Annisa Auliani

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Lintas Marga Sedaya (LMS) mendapat kucuran kredit sindikasi perbankan senilai Rp 1 triliun untuk biaya pembangunan proyek Tol Cikampek-Palimanan (Cipali). Ini merupakan pencairan pertama dari kredit sindikasi senilai Rp 8,8 triliun yang melibatkan 22 bank, dengan BCA sebagai pemimpin sindikasi.

Dengan cairnya pinjaman tersebut, diharapkan proyek jalan tol sepanjang 116 km ini dapat selesai dan beroperasi pada 2015. Jika jalan tol ini beroperasi, diharapkan jarak tempuh Jakarta – Cirebon yang selama ini harus melalui Pantai Utara (Pantura) akan semakin pendek.

Selain dapat mengurai kemacetan, jalan tol Cipali diharapkan mampu mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas dan menciptakan efisiensi bagi para pelaku usaha. "Proyek tol Cipali ini sangat strategis untuk mendorong ekonomi nasional dan menciptakan manfaat ekonomi," ujar Presiden Direktur LMS, Muhammad Fadzil di Jakarta, Rabu (26/6/2013).

Jalan tol Cipali terbagi menjadi enam seksi dan memiliki jumlah simpang susun (interchange) sebanyak 7 buah. Simpang susun yang akan ada adalah SS Cikopo, Kalijati, Subang, Cikedung, Kertajati, Sumberjaya dan Palimanan.

Hingga Juni 2013, progres konstruksi pada seluruh ruas tol Cipali mencapai 4,4 persen dari target sebesar 3 persen. “Warga yang semula menolak dilakukan pembebasan, saat ini sudah memahami dan menerima dana kompensasi yang ditetapkan oleh pemerintah," ujar Fadzil.

Presiden Direktur Bank BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan pencairan kredit  tahap pertama bisa dilakukan setelah LMS memenuhi seluruh syarat-syarat administrasi. Sesuai persyaratan tersebut, LMS harus lebih dulu menggunakan modal sendiri untuk membiayai tahap awal proyek pembangunan tol Cipali.

Kredit sindikasi untuk proyek pembangunan jalan tol Cipali merupakan salah satu kredit perbankan terbesar yang disalurkan untuk pembangunan jalan tol. "Dukungan perbankan terhadap pembangunan infrastruktur, khususnya pembangunan jalan tol di tanah air," kata Jahja.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Direktur Pemasaran Bank DKI Mulyanto Wibowo pun mengatakan  denganpencairan kredit ini Bank DKI berharap pembangunan jalan tol Cikampek-Palimanan dapat berjalan dan selesai tepat waktu. “Bank DKI dan Bank Pembangunan Daerah lainnya memiliki komitmen tinggi untuk mendukung pembiayaan proyek-proyek infrastruktur strategis di seluruh Indonesia," kata Mulyatno. (Hendra Gunawan)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.