Kompas.com - 27/06/2013, 14:53 WIB
Direktur Utama PT Semen Indonesia (persero) Tbk Dwi Soetjipto (kiri) bersama Menteri BUMN Dahlan Iskan melihat logo Semen Indonesia.
KOMPAS/BAHANA PATRIA GUPTADirektur Utama PT Semen Indonesia (persero) Tbk Dwi Soetjipto (kiri) bersama Menteri BUMN Dahlan Iskan melihat logo Semen Indonesia.
EditorBambang Priyo Jatmiko


JAKARTA, KOMPAS.com - PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) terus melebarkan sayap bisnisnya. Setelah melakukan ekspansi bisnis ke Vietnam, kini BUMN semen ini siap masuk ke Myanmar untuk menggarap pasar ekspor.

Dwi Soetjipto, Direktur Utama SMGR bilang ekspansi bisnis di Myanmar untuk fokus menggarap pasar lokal Myanmar dan pasar ekspor. "Rencananya bikin pabrik berkapasitas 1 juta ton untuk ekspor ke Bangladesh dan Timur Tengah," jelas Dwi, kepada wartawan di acara BUMN Expo & Award, Kamis (27/6/2013).

Dwi menjelaskan, saat ini pihaknya masih menyeleksi tiga mitra perusahaan lokal untuk menjadi mitra bisnis di Myanmar. Dari tiga calon tersebut akan dipilih satu perusahaan di akhir tahun ini.

"Ekspansi bisnisnya belum tahu apa itu akuisisi atau kerjasama bikin pabrik baru. Semua tergantung perusahaan yang akan dipilih pada akhir tahun," ujar Dwi.

Dia menyatakan, untuk ekspansi bisnisnya tersebut, pihaknya sudah menganggarkan dana sebesar 200 juta dollar AS. Rencananya, dana tersebut dapat membuat pabrik yang akan dimulai tahun depan dengan kapasitas 1 juta ton. Direncanakan pabrik dapat beroperasi pada tahun 2017.

Sebelumnya, Agung Wiharto, Sekretaris Perusahaan Semen Indonesia menjelaskan, produksi semen perseroan saat ini berasal dari empat pabrik yang ada yakni pabrik di Gresik, Padang, Tonasa, dan Vietnam dengan total produksi semen sebanyak 30,1 juta ton per tahun. (Oginawa R Prayogo)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber Kontan
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.