Kompas.com - 03/07/2013, 10:59 WIB
Ilustrasi kabin Garuda Indonesia KOMPAS/HERU SRI KUMOROIlustrasi kabin Garuda Indonesia
|
EditorBambang Priyo Jatmiko


JAKARTA, KOMPAS.com — Garuda Indonesia segera memasang perangkat WiFi di pesawat setelah uji coba dilaksanakan.

Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring, setelah hasil uji coba diketahui, pemerintah akan mengeluarkan surat izin kepada maskapai yang ingin memasang perangkat tersebut.

Perangkat WiFi di dalam pesawat termasuk hal yang baru. Selama ini ada anggapan bahwa sinyal dari perangkat tersebut dapat mengganggu frekuensi komunikasi pesawat.

"Dalam waktu dekat akan diurus regulasi WiFi-nya," ujar Tifatul, Selasa malam (2/7/2013).

Hal itu diungkapkan Tifatul merespons rencana Garuda Indonesia yang akan meluncurkan pesawat dilengkapi WiFi. Untuk keperluan uji coba, Garuda akan memasang WiFi pada armada barunya, Boeing 777-300ER, pada Sabtu pekan ini, dengan rute Jakarta-Denpasar.

"Jadi nanti penumpang bisa menggunakan tabletnya saat penerbangan. Tapi akan masih kita kaji, karena ini (penerbangan) masuk ke sebuah kawasan, jadi tidak boleh mengganggu jaringan sekitar," kata Tifatul.

Terobosan yang dibuat Garuda termasuk hal yang baru, biasanya penumpang harus mematikan ponsel mereka selama penerbangan, selain dapat mengganggu frekuensi pesawat, frekuensi yang berasal dari ponsel dapat menyebabkan gangguan pada wilayah sekitar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selanjutnya, Tifatul mengatakan akan terus melakukan percobaan terhadap terobosan baru ini. Ia juga tidak menutup kemungkinan nantinya di dalam pesawat, anda juga dapat menelpon melalui ponsel.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.