Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Klaim 195.000 Lapangan Pekerjaan Baru Tersedia

Kompas.com - 05/07/2013, 20:26 WIB


NEW YORK, KOMPAS.com
- Pemerintah AS mencatat jumlah lapangan kerja bertambah sepanjang bulan Juni, yaitu sebanyak 195.000 pekerjaan, atau lebih tinggi dari yang diperkirakan sebelumnya.

Di sisi lain, rasio pengangguran tetap di level 7,6 persen, dan pada saat yang Pemerintah AS juga merevisi data lapangan pekerjaan pada Mei yang diklaim lebih baik dari yang dirilis sebelumnya.

Data yang dirilis itu menyebutkan bahwa lapangan pekerjaan yang tersedia pada Juni lebih baik jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun alu, sebanyak 182.000 lapangan kerja. Sementara itu, para analis sebelumnya memperkirakan jumlah pekerjaan pada Juni 2013 166.000 pekerjaan.

“Pasar tenaga kerja cukup baik pada bulan lalu," ujar Drew Matus, ekonom UBS Securities LLC di Stamford, Connecticut, Jumat (5/7/2013).

Dia menjelaskan bahwa bertambahnya lapangan kerja akan membantu mendorong perbaikan ekonomi AS, dalam kaitannya dengan kemampuan daya beli masyarakat.

Toko eceran, profesional bisnis, tenaga kesehatan dan sektor turisme adalah lapangan pekerjaan yang paling banyak menyedot tenaga kerja pada bulan lalu, sedangkan sektor manufaktur menjadi sektor yang paling banyak mengurangi tenaga kerja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Bloomberg,
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com