Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga BBM Bersubsidi Naik, Inflasi Juli Bisa 2,38 Persen

Kompas.com - 05/07/2013, 21:31 WIB
Didik Purwanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) memperkirakan inflasi Juli 2013 akan bisa mencapai 2,38 persen. Kenaikan inflasi tersebut merupakan dampak dari kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi yang mulai diberlakukan 22 Juni 2013.

Gubernur BI Agus Martowardojo mengatakan inflasi Juli 2013 merupakan angka inflasi tertinggi sebagai dampak kenaikan harga BBM bersubsidi. Sebab, kenaikan harga BBM bersubsidi ini akan memberi dampak kenaikan inflasi selama empat bulan ke depan.

"Kami perkirakan inflasi pasca kenaikan harga BBM bersubsidi ini di Juli 2013 mencapai 2,38 persen," kata Agus saat konferensi pers di Gedung BI Jakarta, Jumat (5/7/2013).

Agus menambahkan, inflasi di Juli ini akan tertinggi pasca-kenaikan harga BBM bersubsidi yang mulai diberlakukan akhir Juni 2013. Sementara itu, angka inflasi Agustus 2013 akan sedikit menurun menjadi 0,93 persen. Sedangkan angka inflasi di September 2013 hanya akan menjadi 0,1 persen.

Untuk itu dalam setahun, angka inflasi akan menjadi 7,2-7,8 persen. Angka prediksi inflasi sebesar 7,8 persen merupakan angka prediksi terburuk bila pemerintah tidak mampu menjaga ketersediaan pangan, lonjakan biaya transportasi hingga ketersediaan elpiji di pasar.

"Tapi kalau mampu mengendalikan masalah tersebut, angka inflasi tahunan akan mencapai 7,2 persen," tambahnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, pasca-kenaikan harga BBM bersubsidi ini, angka inflasi di Juni 2013 masih sebesar 1,03 persen (mom) dan sebesar 5,90 persen (yoy). Angka inflasi tersebut masih rendah karena hanya memperhitungkan seminggu pasca kenaikan harga BBM bersubsidi. Pemerintah sendiri memerkirakan angka inflasi akan melonjak di bulan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com