Kompas.com - 10/07/2013, 13:14 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
EditorErlangga Djumena

SINGAPURA, KOMPAS.com — Harga minyak naik tipis pada perdagangan Asia Rabu (10/7/2013) didukung oleh keuntungan yang solid di saham AS dan permintaan kuat di ekonomi terbesar dunia itu.

Adapun kekhawatiran tentang gangguan pasokan di Timur Tengah yang disebabkan oleh gejolak di Mesir telah mereda. Kondisi ini terjadi setelah jadwal untuk jajak pendapat baru diumumkan Selasa, menyusul kudeta militer pada pekan lalu.

Kontrak utama New York, minyak mentah light sweet untuk pengiriman Agustus, naik 99 sen menjadi 104,52 dollar per barrel pada perdagangan pagi dan minyak mentah Brent North Sea untuk penyerahan Agustus naik dua sen ke posisi 107,83 dollar AS.
     
"Pedagang telah mengalihkan fokus mereka dari kekerasan yang terjadi di Mesir ke sentimen positif di pasar ekuitas AS," kata Kelly Teoh, ahli strategi pasar pada IG Market di Singapura, dalam sebuah catatan.

Saham AS ditutup Selasa dengan kondisi lebih tebih tinggi untuk hari keempat di tengah optimisme tentang pendapatan perusahaan.

Sebagian besar pasar saham Asia juga naik pada hari Rabu, dipicu oleh rally di Wall Street.

Keuntungan pasar terjadi meski perkiraan ekonomi terbaru dari IMF memangkas ekspektasi pertumbuhan ekonomi dunia untuk 2013 menjadi 3,1 persen dari perkiraan April sebesar 3,3 persen.

Harga minyak juga didukung oleh data dari kelompok industri American Petroleum Institute (API) yang menunjukkan persediaan minyak mentah di Amerika Serikat turun dengan sembilan juta barrel pada pekan lalu. Hal ini mengindikasikan kenaikan dalam permintaan energi di ekonomi terbesar dunia.

Lee Chen Hoay, analis investasi pada Phillip Futures di Singapura, mengatakan, data API melampaui ekspektasi pasar untuk penurunan 3,3 juta barrel.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber AFP/ANTARA
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.