Kompas.com - 11/07/2013, 19:22 WIB
Nasabah bertransaksi di Bank BNI Kebon Sirih, Jakarta. KOMPAS/HERU SRI KUMORONasabah bertransaksi di Bank BNI Kebon Sirih, Jakarta.
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) diketahui kembali melakukan penawaran PT BNI Life Insurance kepada investor strategis, setelah rencana sebelumnya gagal dilaksanakan.

Seorang sumber, sebagaimana dikutip dari Wall Street Journal, Kamis, (11/7/2013), menjelaskan bahwa BNI telah mendekati lebih dari 10 institusi selama beberapa pekan terakhir. Tujuannya untuk bisa menjajaki pihak-pihak yang berminat.

Tawaran dari investor diharapkan bisa masuk hingga akhir Agustus. Namun belum jelas, apakah BNI juga menawarkan hak pengelolaan dalam penjualan kali ini.

BNI sebelumnya mempertimbangkan penjualan 40 persen saham di BNI Life Insurance ke perusahaan keuangan Jepang. Melalui penjualan 40 persen saham itu, BNI diperkirakan dapat meraup dana hingga 500 juta dollar AS jika disertai perjanjian distribusi eksklusif.

Pada rencana penjualan sebelumnya, BNI sudah menunjuk tiga penasihat, yakni BNP Paribas, PT Bahana Usaha Indonesia, dan PT Danareksa. Namun, menurut sumber itu, proses ternyata terhenti lantaran BNI terlalu lama mempersiapkan perincian bisnis asuransi bagi calon pembeli.

Untuk penjualan kali ini, besaran saham yang ditawarkan belum dipastikan.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber WSJ
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.